Selasa, 08 Juli 2014

Mobil Anda pun Kini Bisa Autopilot Lho!



Setelah berbagai pabrikan unjuk gigi dengan menampilkan mobil autopilot yang mampu melaju sendiri tanpa pengemudi, namun ternyata mobil kita pun bisa dimodifikasi menjadi mobil yang sepenuhnya otonom. Wah hebat!

Adalah perusahaan yang menamakan dirinya Cruise Automation asal California mengklaim bisa mewujudkan teknologi autopilot di mobil Anda. Teknologi itu mereka namakan Cruise RP-1.


 1. Sensor

Rupanya sangatlah mudah, Otolovers kini bisa mewujudkan mobil Otolovers untuk bisa berkendara sendiri. Dengan langsung menempelkan sensor Cruise RP-1 di atas kendaraan Anda. Seperti tertuang dalam situs resmi getcruise.

Cruise RP-1 akan berperan selalu mengawasi jalan, bahkan ketika Anda sedang tidak ngeh.

Cruise RP-1 yang berada di bagian atap mobil akan mengombinasikan beberapa sensor, radar dan aktuator yang semuanya dikendalikan oleh satu komputer yang diselipkan di dalam mobil. Sehingga bisa melihat jalan dan mobil di sekitar Anda, dan mengambil keputusan untuk menjaga kendaraan dan keluarga Anda tetap aman di saat berkendara.


 2. Tarif

"Saat ini kami baru menerapkan di 2 varian Audi A4 dan S4. Dan untuk memiliki Cruise RP-1 itu cukup mengeluarkan kocek US$ 10.000," ujar pendiri dan CEO, Cruise Automation, Kyle Vogt.

Dirinya menuturkan, begitu banyak keuntungan yang akan didapat konsumen di saat menggunakan Cruise RP-1 control.

"Salah satunya Anda tidak perlu membeli mobil autopilot yang sangat mahal. Anda cukup membeli Cruise RP-1 dengan harga yang relatif lebih murah," tambahnya.

 3. Sistem yang mudah
Kontrol Cruise RP-1 akan mulus mengintegrasikan ke dalam mobil, sehingga sangat mudah menggunakan sistem autopilot atau melepaskan diri dari sistem autopilot.
Dengan hanya meng-klik tombol, sistem akan mengambil alih mobil, jadi Anda tinggal duduk manis di dalamnya, di saat sistem autopilot dilepaskan.



 4. Cara kerja

Komputer akan berada di bagian bagasi atau diselipkan di ruang yang agak besar. Dan komputer ini akan berperan menghitung logaritma, agar kendaraan bisa berkendara dengan baik.

Cruise memang berbeda dengan mobil autopilot sesungguhnya. Ketika mobil berada di jalan tol, Anda bisa menekan tombol Cruise di dashboard. Cruise akan mengambil alih fungsi seperti setir dan rem dan pedal gas agar menjaga mobil tetap berada di jalurnya.

Namun sistem ini belum sepenuhnya mengambil alih fungsi dari manusia, jadi Anda masih tetap waspada untuk memastikan mobil tetap mengikuti arus lalu lintas. Meski belum seutuhnya mobil autopilot, namun Cruise menjadi salah satu pilar menuju mobil autopilot.

Mau tahu aksinya, yuk kita simak video berikut ini.






Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar