Kamis, 29 Mei 2014

Evolusi Mobil Tanpa Setir

Mobil tanpa awak, tanpa stir dan tanpa pedal gas atau rem, jelas menandakan dunia otomotif kian berkembang pesat seiring perkembangan zaman. Bahkan banyak yang tidak menyadari perkembangan otomotif ini sudah banyak melahirkan mobil-mobil canggih didalamnya.


Nah kali ini detikoto coba mengupas satu per satu mobil masa depan apa saja, yang sudah diperlihatkan ke masyarakat. Dan teknologi apa yang akan diperkenalkan dimasa depan.

Penasaran, yuk kita simak yang berikut ini, seperti yang dilansir CNN, Kamis (29/5/2014).


 1. Mobil Autopilot Google

Google akhirnya memperkenalkan mobil prototipe autopilot di California Amerika Serikat, langsung oleh Co Founder Google Sergey Brin.

Diakatakan Google akan mempersiapkan 100 mobil autopilot ini. Mobil Autopilot ini hanya memiliki tombol start-stop tanpa memiliki pedal atau pun kemudi. Tinggal duduk saja di dalam dan mobil akan melaju sendiri sesuai dengan perintah si pengendara.

Jika dilihat modelnya, mobil Google ini mirip city car dengan bentuk yang lucu yang bisa menampung 2 penumnpang saja. Di atapnya ada semacam sensor untuk 'melihat' jalanan.

Mobil ini sengaja didesain Google agar terlihat tidak menakutkan dan membantu masyarakat mengenal teknologi mobil tanpa pengemudi.

Mobil dipamerkan  dalam jumpa pers di California, AS.

"Kami sangat antusias dengan mobil ini, mobil ini memungkinkan kita untuk meningkatkan kemampuan teknologi self driving dan memahami batasannya," ujar Direktur Proyek Mobil Tanpa Pengemudi Google Chris Urmson.

Untuk melaju, mobil akan menggunakan data-data dari peta Google yang dibuatkan secara khusus untuk mobil autopilot yang sudah dites pada mobil-mobil Google.


 2. Pengujian mobil Autopilot lebih dari 300.000 mil

Banyak yang tidak mengetahui, untuk melahirkan mobil autopilot. Google telah melakukan pengujian hingga 300.000 mil lebih. Bahkan Google telah bekerja sama dengan berbagao pabrikan otomotif seperti Toyota (Prius), Lexus (Lexus RX 450H).

Semuanya dilakukan demi menambah keamanan saat melakukan perjalanan, dan Google selalu melakukan pengujian didaerah yang ramai penduduk. Seperti di California, Washington, Nevada, dll.


 3. Parkir otomatis

Tidak hanya bisa berkendara dengan sendiri, mobil masa depan Autopilot juga mampu memarkirkan dirinya sendiri. Sehingga jelas mempermudah setiap pengendara.

Bahkan teknologi ini telah diperkenalkan oleh Range Rover pada ajang International Consumer Electronics Show (CES) yang bisa memarkirkan sendiri tanpa bantuan valet parkir.


 4. Telah terintegrasi dengan ponsel pintar

Setiap pemilik kendaraan akan bisa memantau kendaraan autopilot mereka, dengan langsung melihatnya didalam telepon selular pintar milik si pengendara.

Dan bisa dipatikan mobil dimasa depan tidak akan terbentur dengan kendaraan lain atau pun tembok. Karena mobil dimasa depan akan banyak memiliki sensor yang bisa menjaga mobil.


 5. Mobil autopilot telah menjadi kendaraan dalam kota

Banyak yang tidak mengetahui rupanya mobil autopilot telah dikembangkan juga di Perancis. Bahkan mobil yang memiliki sebutan Citymobil ini, telah memiliki peran sebagai solusi kemacetan dan sebagai kendaraan ramah lingkungan di Perancis.

Citymobil telah memainkan perannya sejak 2011 lalu, dan ditempatkan di French Town of La Roachelle.


 6. Mobil autopilot juga bisa buat rally

Tidak menutup kemungkinan dimasa depan, ajang bergengsi dunia rally akan diwarnai dengan mobil autopilot.

Seperti yang diperkenalkan Audi dengan TTS pada 2010. Mobil autopilot ini kerap dikatakan akan menjadi kendaraan yang mumpuni untuk dunia rally. Pengujiannya pun langsung dilakukan di Pikes peak Colorado USA.

Semuanya berkat sensor terbaik yang terprogram dan mesin Quattro yang disajikan, membuat Audi TTS autopilot ini bisa berkendara dengan kecepatan tinggi dan memiliki handling terbaik. Berikut aksi Audi TTS.


 7. Mobil autopilot jadi kendaraan airport

Berbeda dengan di Inggris, yang telah memperkenalkan mobil tanpa awak mereka di 2009. Dengan mampu menopang hingga 4 penumpang, mobil ini diperuntukkan untuk berinteraksi dalam bandara di London Heathrow Airport.

Selain itu dengan memiliki bagasi yang luas, mobil ini mampu berlari hingga 25 mph.


 8. Mobil autopilot bisa menjadi mobil militer

Mendapat julukan 'The Boss, mobil tanpa awak ini mendapat penghargaan di 2007 dari Departemen pertahanan Amerika serikat pada ajang DARPA Urban.

Mobil tanpa awak ini dikembangkan oleh Carnegie Mellon University bersama General Motors. Dikabarkan dengan menghabiskan dana hingga US$ 2 juta, the boss berhasil merebut perhatian para tentara di Amerika.

Karena the boss menjadi kendaraan yang tepat dengan mampu dikendarai dengan remote control.


 9. Mobil autopilot akan gunakan sensor laser

Demi menambah keamanan saat berkendara, dikatakan mobil autopilot akan menggunakan sensor laser. Dan ini telah diwujudkan Volkswagen dan dipamerkan pada ajang DARPA Urban Challenge dan dipamerkan di museum science di London 2007 silam.

VW pun berhasil mengubah Passat 2.0 TDI, untuk menggunakan laser sensor yang senuanya terkomputerisasi. Dan bisa berkendara sendiri sesuai dengan keinan si pengendara.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar