Kamis, 08 Mei 2014

Celah Keamanan iOS: Attachment Email Ternyata Tak Terenkripsi

Sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Apple, iOS, dianggap mempunyai keamanan yang lebih baik ketimbang Android. Namun bukan berarti kalau iOS adalah sistem operasi yang sempurna dan tak memiliki celah satu pun. Hal ini dibuktikan oleh ahli keamanan dari Jerman bernama Andreas Kurtz.
Kurtz telah menemukan kalau ada celah keamanan pada iOS versi 7.1.1. Celah tersebut pun membuat attachment pada email ternyata tidak terenkripsi oleh protokol proteksi data Apple. Hal ini pun berbeda dengan klaim sepihak dari Apple yang mengatakan kalau mereka telah melakukan enkripsi, termasuk pada attachment email.

Apple-iOS-7.1.1

Dalam metodenya, Kurtz mengungkapkan kalau celah keamanan yang membuat attachment email tak terenkripsi ini juga terjadi pada iOS versi sebelumnya. Di antaranya adalah iOS 7.0.4 serta iOS 7.1. Bahkan dia pun cukup terkejut melihat keberadaan celah ini pada update iOS 7.1.1.

Kurtz pun telah mengabari Apple terkait adanya celah keamanan ini. Pihak Apple menyadari kalau ada celah keamanan tersebut dan berencana akan memperbaikinya pada update terbaru mendatang. Namun belum ada penjelasan mengenai kapan update tersebut akan diberikan oleh pihak Apple.

Sumber: BeritaTeknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar