Sabtu, 29 Maret 2014

10 Teknologi Mobil di Masa Depan

Teknologi canggih jelas akan menjadi prioritas utama setiap lini kehidupan di masa depan. Termasuk dalam dunia otomotif, yang sarat dengan sebuah teknologi. Sehingga bakal memudahkan setiap pengendara dalam berkendara dan membuat pengendara juga merasa lebih aman.


Dan saat ini ada 5 teknologi mobil yang disinyalir bakal menjadi bagian teknologi setiap kendaraan. Seperti dilansir CNN, Jumat (28/3/2014).

Nah mau tahu teknologi terbaru apa saja yang ada di mobil masa depan, yuk kita simak yang berikut ini.


 1. Mobil memberikan data lengkap untuk pengendara
Fitur pertama yang bakal hadir di kendaraan masa depan, yaitu sebuah perangkat canggih komputer yang terdapat didalam kendaraan.

Dimana setiap kendaraan akan dengan mudah memberitahukan informasi apa saja yang dibutuhkan, bahkan komputer di dalam mobil bisa menjadi sebuah bank data.

Bahkan mobil di masa depan akan mampu mendeteksi apa yang akan menjadi kebutuhan dari si pengendara.


Mobil akan mampu mengetahui arah tujuan, musik kesukaan, dimana jalanan mana saja yang terkena macet, bisa menekan bahan bahan bakar dengan sendiri, bakal memiliki black box bahkan mengetahui jadwal kebiasaan si pengendara.

"Ini seperti mobil yang memiliki kesadaran. Karena mobil dapat membuat keputusan yang benar-benar cerdas," kata General Manager Mercedes-Benz, M. Bart Herring.


 2. Mobil saling 'berbicara'

Jangan salah pengertian dahulu Otolovers, mobil yang berbicara dengan mobil yang lain kali ini bukan berarti akan sama seperti kita manusia yang sering berkomunikasi dengan manusia lainnya.

Akan tetapi mobil masa depan diprediksi bisa berkomunikasi dengan yang lainnya, mobil akan memberikan data mobil tersebut kepada mobil lainnya. Seperti seberapa cepat mereka melaju, bagaimana kondisi jalanan, cuaca dan bahkan bisa memperingati potensi bahaya sesama mobil.

"Jika saya bisa mendapatkan informasi dari mobil sebelah saya bahwa mereka akan berbelok ke kanan, itu akan sangat bagus," jelas Direktur Pusat Penelitian Nissan di Silicon Valley, Maarten Sierhuis.

Dan dirinya pun membayangkan hari ketika informasi tentang hampir semua kendaraan disimpan dan bisa diakses oleh semua mobil lainnya.

Teknologi ini kerap disapa dengan sebutan V2V, dan bisa dipastikan fitur ini hanya berlaku untuk jarak pendek.

Saat ini pengujian pertama tenagh berlangsung dengan langsung melibatkan hampir 3.000 mobil dan truk yang dilengkapi dengan perangkat prototipe V2V di Ann Arbor, Michigan. Dan menjadi upaya percontohan University of Michigan dan Departemen Transportasi Amerika Serikat.


 3. Sistem Monitor si pengendara

Banyak dari setiap kecelakaan berkendara disebabkan oleh kelalaian si pengendara. Dimana pengendara kerap mengantuk bahkan mabuk di saat berkendara, dan juga tidak sedikit pengendara mengalami gagal jantung saat berkendara.

Inilah yang membuat akan ada sebuah teknologi yang bisa memonitor darah dan detak jantung si pengendara yang bisa menghindari mereka dari sebuah kecelakaan. Dan ini akan berlaku untuk si pengendara dan penumpang di dalam kabin.

Sehingga jika si pengendara tengah mengantuk dalam berkendara, maka sensor atau penanda lainnya akan menyala dan memberitahukan bagaimana kondisi si pengendara.


 4. Airbags eksternal

Kalau saat ini airbag masih berfokus kepada si pengendara atau penghuni dalam kabin. Berbeda dengan kendaraan di masa depan, yang juga akan lebih mempedulikan keselamatan pejalan kaki, serta hewan yang berada di luar kendaraan.

Dimana airbag akan mengembang jika bersentuhan dengan keras, dengan hewan atau pejalan kaki.


 5. Berbahan bakar hidrogen

Mobil masa depan lainnya diperkirakan akan berbahan bakar hidrogen, yang akan sama iritnya dengan kendaraan hybrid atau listrik.

Bahkan dikatakan dalam lima tahun ke depan mobil hidrogen sudah akan bertebaran di setiap jalan raya di kota-kota besar di dunia. Karena setiap pabrikan saat ini tengah bersaing untuk bisa melahirkan teknologi hidrogen.

Meski untuk setiap satu unitnya bisa dibanderol dengan harga yang cukup mahal.


 6. Infotainment sistem lebih canggih

Kalau saat ini fitur infotainment yang ada di dalam interior lebih buruk dengan telepon seluler yang berada di dalam saku. Bisa dipastikan di masa depan sistem infotainment di setiap kendaraan akan lebih canggih dibandingkan ponsel.

kita ambil contoh saja, seperti MyLink yang bisa mendengarkan seluruh lagu yang ada didunia yang telah menjadi milik Chevrolet saat ini. Atau teknologi Volvo Sensus Connected Touch, dimana mobil Volvo bisa menjadi Wi-Fi Hotspot.

Jadi bisa dipastikan di masa depan seluruh infotainment di setiap kendaraan bakal lebih canggih.


 7. Lampu Laser

Lampu depan laser disinyalir bakal menjadi fitur wajib di setiap kendaraan dimasa depan. Dimana lampu kendaraan akan akan lebih 'pintar', lampu secara otomatis dapat menyesuaikan kecerahan atau arah mereka tergantung pada kondisi di jalanan.

Dan jika dalam keadaan kosong lampu bisa menerangi hingga 600 meter, atau lampu bisa diatur hingga 300 meter, 100 meter atau lebih pendek lagi agar tidak menyilaukan pengendara lain.


 8. Mobil berkendara sendiri

Self Driving Car atau mobil yang bisa berkendara sendiri, diperkirakan juga bakal berseliweran di jalanan.

Selain itu mobil akan mampu menekan dan menyesuaikan konsumsi bahan bakar kendaraan, bisa mengurangi kecelakaan dan mengurangi kemacetan lalu lintas dengan melakukan perjalanan pada kecepatan seragam.



 9. Mobil Bisa mencari parkir sendiri

Kalau saat ini Otolovers kerap kebingungan saat ingin memarkirkan kendaraan dengan berputar-putar, maka di masa depan mobil akan dengan sendirinya mencari parkiran mobil sendiri dan Anda tinggal hanya menunggu di lobby dan memantau apakah mobil Anda telah terparkir dengan baik.

Bahkan Anda sebagai pengendara juga dengan mudah mengetahui, apakah masih ada parkiran yang tersisa atau tidak di suatu gedung atau mall.

Saat ini berbagai pabrikan pun tengah mempelajarinya dan akan rilis di masa depan.


 10. Mobil tenaga matahari

Mobil tenaga matahari diyakini bakal banyak ditemui di masa depan, seiring semakin mahalnya bahan bakar minyak dan semakin sedikitnya cadangan minyak bumi.

Sehingga jelas bagi orang-orang yang peduli terhadap lingkungan, akan sangat menghargai teknologi ini. Karena meski mobil listrik sudah memenuhinya, tetap saja mobil listrik membutuhkan suatu tenaga listrik.

Namun kalau menggunakan tenaga matahari untuk bergerak, jelas hanya ditubuhkan sinar matahari agar bisa berjalan dan menyimpannya untuk bisa berkendara di malam hari.

Saat ini mobil bertenaga matahari atau solar ini tengah diuji oleh Ford dengan C-Max nya, dan ada beberapa pabrikan yang juga ikut mengembangkannya.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar