Jumat, 13 September 2013

Microsoft Kembangkan Voice Assistant Pesaing Siri dengan Nama Cortana

Apple punya Siri, dan Google pun telah mengembangkan aplikasi serupa Google Now. Dan kini, sebuah kabar yang berkembang mengungkapkan bahwa Microsoft pun bakal mempunyai aplikasi serupa. Mereka pun menggunakan nama Cortana untuk aplikasi voice assistant di platform Windows tersebut.


Nama Cortana tidak asing bagi Microsoft. Nama tersebut adalah salah satu karakter dalam game Halo yang dikembangkan oleh Microsoft. Karakter Cortana dalam game tersebut pun digambarkan sebagai karakter yang pintar, mempunyai kemampuan untuk belajar dan beradaptasi.
Pada bulan Juli, Microsoft pernah mengungkapkan kepada publik aplikasi Siri ataupun Google Now yang digunakan Apple serta Google bukanlah sebuah hal yang revolusioner. Saat itu, mereka mengatakan bahwa tidak tertarik dengan aplikasi seperti Siri ataupun Google Now. Namun mereka akan mengeluarkan sebuah aplikasi yang terbilang revolusioner dan mempunyai kemampuan melebihi Siri ataupun Google Now.

Melihat lebih ke belakang, aplikasi ini juga sempat terlihat muncul dalam bocoran build OS Windows Phone pada bulan Juni kemarin. Saat itu, sempat terlihat adanya sebuah aplikasi bernama zCortana pada smartphone Lumia tersebut. Keberadaan huruf z pada nama aplikasi tersebut pun mengindikasikan bahwa Cortana masih dalam tahap tes.

Sumber: BeritaTeknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar