Kamis, 05 September 2013

Menjajal Kemampuan Galaxy Note 3

http://images.detik.com/content/2013/09/05/317/150328_note7.jpg


Seri Galaxy Note mengawali booming pasar phablet, gadget yang ukurannya adalah perpaduan antara smartphone dengan tablet PC. Kini, generasi ketiganya, Galaxy Note 3, telah diumumkan Samsung di Berlin, Jerman.

Sebagai handset jagoan di samping Galaxy S4, Galaxy Note 3 dibekali dengan berbagai fitur unggulan. Diferensiasi memang wajib diperlukan di tengah membanjirnya produk phablet dari kompetitor.

Seperti apa kemampuan Galaxy Note 3? Berikut hands on singkat detikINET saat menguji performa phablet andalan Samsung ini.


1. Desain

http://images.detik.com/content/2013/09/05/317/150424_note1.jpg


Tidak ada perubahan radikal soal desain Galaxy Note 3 dibandingkan Galaxy Note 2. Keduanya identik meskipun tentu saja ada beberapa sentuhan perbedaan.

Meskipun ukuran layarnya sedikit lebih lebar ketimbang pendahulunya, Galaxy Note 3 didesain lebih tipis dan lebih ringan.

Hal ini membuatnya cukup nyaman dalam genggaman, meski kadang merepotkan karena ukuran besarnya. Jadi agaknya terasa lebih aman dan nyaman jika digunakan dengan kedua tangan.

Yang menarik adalah material di casing belakang yang lebih premium dari sebelumnya. Terlihat seperti kulit bertekstur meski ketika diraba, bahannya kemungkinan campuran plastik dengan karet.

Secara keseluruhan, desain Note 3 lumayan menarik meski tidak ada terobosan yang berarti. Samsung tetap mempertahankan ciri khas desainnya di phablet terbarunya ini.


2. Layar

http://images.detik.com/content/2013/09/05/317/150458_note5.jpg


Layar Galaxy Note 3 menyajikan tampilan yang jernih. Memang ia sudah ditunjang dengan resolusi FHD (full high definition) 1920 x 1080 pixel.

Dengan teknologi Super Amoled khas Samsung, warna-warna yang ditampilkannya terlihat tajam. Adapun luasnya 5,7 inch, membuat Note 3 tampak bongsor.

Sistem operasi yang dibawanya adalah Android Jelly Bean. Seperti biasa, ada beberapa kustomisasi interface yang dilakukan Samsung, yang membedakannya dari ponsel Android besutan kompetitor.

Perbedaan menarik adalah tampilan homescreen yang bisa diubah secara drastis. Yaitu dalam tampilan yang disebut sebagai my magazine.

Cukup sapukan jari ke atas dari bagian bawah layar, maka tampilannya berubah menjadi kotak-kotak yang dapat diisi beragam konten sesuai keinginan. Lumayan menarik meski bukan konsep yang orisinal.


3. Spesifikasi

http://images.detik.com/content/2013/09/05/317/150550_note6.jpg


Kalau soal spesifikasi, Note 3 memang boleh dibilang jagoan. Seperti sudah disebutkan, handset ini mengandalkan prosesor quad core 2,3 GHz didukung dengan RAM 3 GB.

Garangnya spesifikasi di atas kertas itu mampu diterjemahkan dengan baik saat operasional handset. Semuanya terasa mulus tanpa gejala lag yang mengganggu.

Akses aplikasi ataupun perpindahan antar layar lancar tanpa masalah. Demikian juga saat melakukan multitasking. Pendek kata, Galaxy Note 3 berpotensi menjadi salah satu handset Android dengan performa terkencang di pasaran.

Lalu bagaimana dengan ketahanan baterai mengingat spesifikasi gahar Galaxy Note 3? Handset ini dibekali dengan baterai 3.200 mAh.

Menurut pihak Samsung, prosesor generasi baru yang dipakai Galaxy Note 3 juga lebih hemat daya dibandingkan sebelumnya. Apakah benar masih dibutuhkan pengujian lebih lanjut.


4. Kamera & Lain-lain

http://images.detik.com/content/2013/09/05/317/150636_note2.jpg


Kamera resolusi 13 megapixel menjadi sarana Galaxy Note 3 dalam mengambil foto serta video. Pada masa ini memang tidak cukup istimewa mengingat kompetitor juga banyak mengandalkan kamera dengan resolusi yang sama.

Hasil jepretannya sepertinya bisa diandalkan. Untuk kondisi cahaya rendah, disediakan lampu flash untuk membantu penerangan.

Namun seperti kamera smartphone pada umumnya, foto di dalam ruangan tidak dijamin akan selalu memuaskan. Kadang ada potensi blur atau kabur.

Sedangkan di luar ruangan belum sempat dilakukan uji coba. Akan tetapi tampaknya cukup bisa diandalkan mengingat resolusinya yang tinggi.


5. Kesimpulan

http://images.detik.com/content/2013/09/05/317/150711_note31.jpg


Dengan bekal spesifikasi tinggi serta stylus yang dipercanggih kemampuannya, Galaxy Note 3 sedikit banyak mampu menghadirkan diferensiasi dibandingkan produk serupa dari rivalnya.

Kejernihan layar dan performa nan kencang sepertinya akan memuaskan penggemarnya. Ditambah stylus yang semakin bagus fungsinya dan memang bermanfaat, membuat Galaxy Note III memiliki nilai lebih.

Kritikan mungkin datang soal tidak adanya terobosan fitur yang benar-benar dapat dinyatakan sebuah terobosan besar. Demikian juga dengan desainnya yang tak banyak berubah, meskipun dari sisi material terlihat lebih premium.

Dengan segenap kelebihan dan kekurangannya, Galaxy Note 3 sepertinya pantas menjadi pilihan bagi mereka yang hendak meminang sebuah phablet. Jika harganya cocok, bukan tidak mungkin handset ini akan ngehits.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar