Rabu, 22 Mei 2013

Xbox One, Lebih dari Sekadar Konsol Game


Microsoft akhirnya membuka tabir yang menyelimuti konsol game terbaru mereka. Bukanlah XBox 720, Durango atau Infinity yang diperkenalkan, melainkan XBox One.

Memang, nama XBox One sebelumnya tak begitu santer terdengar dirumorkan. Justru yang ramai diperbincangkan adalah nama XBox 720 dan XBox Infinity. Intinya, Microsoft sukses 'mengelabui' prediksi para analis.

Pun demikian, entah apapun namanya, peluncuran XBox One jauh lebih menarik ketimbang event Sony PlayStation 4 beberapa waktu lalu. 

Dimana tak ada penampakan mesin konsol PS4 yang dihadirkan Sony, melainkan cuma kontrolernya. Sontak, para penggila gadget dunia dibuat kecewa lantaran masih harus menanti untuk waktu yang terbatas lagi.

Kembali ke XBox One, konsol game Microsoft ini mampu memancarkan kesan elegan dalam penampilan perdananya. Ia juga terlihat menarik berkat desain kaku namun gahar yang diusungnya. Ditunjang warna hitam yang menyelimuti seluruh bodinya, XBox One pun kental aura gamer.

XBox One memang lebih dari sekadar konsol. Perangkat ini memiliki kemampuan TV Tuner dan Cable Box. Asyiknya, gamer dapat pindah-pindah secara instan antara game yang dimainkannya dengan siaran TV yang ingin ditontonnya. 

Berkat kinect 2.0 yang lebih presisi, bahkan gamer tak perlu lagi menggunakan remote untuk melakukannya. Cukup menunjukkan gesture gerakan tangan, maka perangkat kinect akan mengenalinya sebagai perintah.

XBox One hadir bersamaan kontroler yang masih mengusung desain khas XBox, namun kontroler XBox one sedikit lebih kecil dan ringan karena kini Microsoft membenamkan langsung baterainya di dalamnya. Berbeda dengan kontroler XBox terdahulu dimana posisi baterai berada di luar dan memiliki bentuk menonjol. 

Seperti detikINET kutip dari The Verge, Rabu (22/5/2013), dari sisi hardware Xbox One mengusung RAM 8GB, chip 40-nanometer single custom, CPU 8 core, GPU system-on-a-chip dari AMD, plus HDD 500GB.

Microsoft mengklaim bahwa Xbox One didukung tiga sistem operasi besar dengan kernel yang berasal dari Windows. Beberapa fitur lain yang disematkan di Xbox One ini adalah Blu-ray drive, USB 3.0, termasuk WiFi.

Xbox One juga menyediakan banyak aplikasi, termasuk aplikasi Skype dengan kemampuan panggilan video Group. Ada juga mode Snap yang memungkinkan panggilan video saat sedang menonton film.

Fitur baru di Xbox One yang tak kalah menariknya adalah melakukan panggilan melalui suara, navigasi. Ada juga fitur SmartGlass yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol Xbox One dengan smartphone dan tablet.


http://images.detik.com/content/2013/05/22/1146/Xbox1.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar