Senin, 07 Oktober 2013

Smart Sushi: Makan Sushi Lezat dengan Panduan iPad dan QR Code

thumbnail


Kaitenzushi, atau sushi yang disajikan diatas conveyor belt banyak disajikan di restoran sushi. Konsep ini sudah ada sejak tahun 1958. Kini resto Kaitenzushi sudah memakai teknologi canggih dengan iPad dan QR Code.

Seperti dilansir di Rocket News 24 (05/10/2013), sebuah restoran Kaintenzushi bernama Muten Kura Sushi yang berhasil membuat pelayanan sushi d lebih canggih dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Di restoran ini, Anda hanya akan dilayani oleh satu orang pelayan saja, karena sisanya mesin-mesin otomatis yang akan melayani.Cara bersantap di restoran Muten Kura Sushi ini cukup mudah. Ketika Anda sampai di restoran, Anda harus menghampiri sebuah mesin dengan panel sentuh yang akan mengeluarkan tiket berisi nomor antrian Anda.

Tinggal masukkan berapa jumlah orang yang datang bersama dan pilih tempat duduk (di bilik atau di meja bar), sebuah tiket akan keluar otomatis. Tinggal menunggu sampai nomor antrian Anda dipanggil.

Setelah nomor dipanggil, seorang pelayan akan memberikan clipboard kecil berisi informasi nomor meja Anda, ilustrasi peta tempat duduk, dan lembar tagihan kosong. Setelah itu, pelayan akan membiarkan Anda untuk duduk dan memesan sendiri sushi yang Anda inginkan.

Sampai di meja yang sudah ditentukan, Anda akan melihat dua jalur conveyor belt yang siap melayani Anda. Piring-piring berisi sushi disajikan dalam keadaan higienis dan tertutup dengan penutup bening yang bentuknya seperti kubah kecil.

Tidak perlu khawatir akan kesegaran sushi yang disajikan. Semua sushi di Muten Kura Sushi ini dijamin kesegarannya karena mereka menggunakan sistem Quick Response Code di balik setiap piring sushi yang diletakkan di atas conveyor belt.

QR Code ini memungkinkan sistem untuk mengembalikan sushi yang sudah terlalu lama berjalan di atas conveyor belt, sehingga konsumen tidak akan mendapatkan sushi yang sudah tidak segar lagi.

Jika Anda ingin memesan sushi yang menunya tidak ada di conveyor belt, tak perlu memanggil pelayan untuk membawakan buku menu. Karena di setiap meja sudah disediakan iPad sebagai pengganti buku menu. Pilih menu yang diinginkan melalu iPad dan tunggu pesanan tiba selama kurang lebih 5 menit.

Jika pesanan Anda akan segera tiba, iPad akan mengeluarkan bunyi “bip” sebagai pemberitahuan.

Selesai makan, Anda bisa langsung meletakkan piring sushi kosong di samping meja. Jika Anda makan sushi lebih dari 5 piring, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk bermain mesin yang menjual mainan dalam kapsul. iPad pada meja Anda akan otomatis memandu Anda untuk melakukan pengundian berhadian mainan dalam kapsul.

Untuk pembayaran, Anda hanya tinggal meminta tagihan melalu menu yang ada pada iPad. Pelayan restoran akan datang dan mengkonfirmasi jumlah piring sushi. Selanjutnya, pelayan akan memandu Anda untuk pembayaran di meja kasir. Lalu semuanya selesai dengan begitu mudahnya.

Penasaran ingin mencoba kecanggihan Smart Sushi ini? Saat ini, sudah terdapat 300 gerai Muten Kura Sushi yang tersebar di seluruh Jepang.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar