Senin, 21 Oktober 2013

Jadi Korban 'Ayu Ting Ting Melorot'? Ini Cara Mengatasinya


Keberadaan pembuat malware di Facebook yang mengiming-imingi video 'Ayu Ting Ting Melorot' cukup meresahkan. Nah, jika Anda sudah menjadi korban, langkah apa yang harus dilakukan?

Yang pasti, jangan sampai semangat Anda ikut melorot dan menyebarkan alamat palsu ke mana-mana. Vaksincom menyarankan Anda untuk segera menghapus postingan tersebut dari wall/timeline anda. 

Menurut pantauan Vaksincom, malware ini tidak menginstalkan apps pada akun Facebook anda dan sejauh ini hanya melakukan FB Like secara curang. Klik tanda panah dropdown di pojok kanan postingan untuk memunculkan box dialog (lihat gambar 6) dan pilih [Delete].

Gambar 6: Hilangkan posting ini dengan pilih [Delete] pada postingan tersebut.

Jika muncul layar konfirmasi Delete, tekan tombol [Delete] untuk mengkonfirmasi bahwa memang Anda ingin menghapus postingan ini (lihat gambar 7).

Gambar 7: Klik tombol [Delete] untuk mengkonfirmasikan bahwa Anda memang ingin menghapus postingan FB Like Ayu Ting Ting Melorot.



Klik tombol [Activity Log] yang terletak di di pojok kanan foto profil Anda dan klik tombol di sebelah kanan posting yang ingin dihapus dan pilih [Delete] untuk menghapus postingan ini.

Gambar 8: Anda juga bisa menghapus postingan ini dari Activity Log.

Setelah Manohara, Kini Ayu Ting Ting

Setelah mendompleng Manohara pada awal Oktober 2013 dan berhasil memakan korban 22.000 akun Facebook, pembuat malware kembali beraksi dengan membawa alamat palsu yang menggunakan tema Ayu Ting Ting. 

Trik yang digunakan cukup sederhana, di mana dengan script yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa membuat korban tidak menyadari kalau rasa ingin tahunya melakukan klik pada situs blogspot yang telah dipersiapkan secara khusus, menyebabkan akun Facebook-nya otomatis melakukan like/recommend dan posting dengan pesan Ayu Ting Ting Melorot. 

Aksi ini cukup berhasil dan dalam waktu singkat berhasil memakan korban 14.000 akun pengguna Facebook yang sebagian besar berasal dari Indonesia melakukan like secara tidak sadar pada situs palsu ini. 

Padahal, video melorot yang dijanjikan tidak kunjung didapat, malahan korban telah tertipu dan akun Facebooknya akan kesana kemari membawa alamat palsu. 


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar