Minggu, 08 Juni 2014

Bahasa Pemrograman Baru untuk iOS dan OS X Bernama Swift

Ajang WWDC menjadi momen bagi Apple untuk mengungkapkan beberapa produk serta kebijakan terbarunya. Setelah secara merilis iOS 8 dan OS X 10.10 Yosemite, Apple kini mengungkapkan keberadaan sebuah bahasa pemrograman baru yang digunakan untuk membangun aplikasi iOS dan OS X.
Bahasa pemrograman tersebut mereka namai sebagai Swift. Bahasa Pemrograman Swift ini diungkapkan dengan tujuan untuk mengganti Ojective C yang selama ini digunakan oleh para developer dalam membangun aplikasi iOS dan OS X. Petinggi Apple, Craig Federighi mengatakan kalau penggunaan bahasa Objective C telah berlangsung selama 20 tahun. Dan saat ini adalah waktunya untuk menggunakan bahasa lain yang tak ada embel-embel C-nya.

swift apple_1

Federighi mengatakan kalau kode pemrograman C dan Swift bisa digunakan secara bersamaan. Hal ini pun memberi kemudahan bagi para developer untuk memberikan update terbaru bagi aplikasinya, terutama jika update tersebut ditulis dengan menggunakan kode Swift.

swift apple_2

swift apple_3


Penggunaan Swift untuk membangun sebuah aplikasi pun disebut Apple bakal memberikan beberapa keuntungan. Apple mengatakan kalau Swift membuat para developer menuliskan kode lebih singkat dibandingkan C. Selain itu, aplikasi berbasis Swift juga diklaim bisa berjalan 93x lebih cepat dibandingkan aplikasi Objective C.

Sumber: BeritaTeknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar