Jumat, 28 Februari 2014

Game-Game Langka, Bak 'Holy Grail' Bagi Kolektor



Bagi para kolektor, memburu game langka merupakan sebuah kesenangan tersendiri. Harga kadang bukan jadi masalah, jika game yang dicari benar-benar sudah berstatus langka.

Kira-kira game apa saja yang menjadi 'holy grail' bagi para kolektor? Jika ada, berapa harganya? Berikut adalah daftarnya seperti dikutip dari cnn.com:


Stadium Events (Nintendo Entertainment System): Kardusnya Saja Rp 100 Juta



Game keluaran 1987 ini dirilis untuk mendukung aksesoris dari keluaran Bandai yaitu Family Fun Fitness Mat. Pada 1988 Nintendo membeli hak paten game ini berikut dengan Family Fun Fitness Mat, yang kemudian diubah namanya menjadi Power Pad. 
 
Game Stadium Events kemudian ditarik, tetapi sudah ada sekitar 200 cartridge yang terlanjur terjual. Dari 200 game itu, dikabarkan hanya tinggal 10-20 kopi yang tersisa. Ini membuat harga sebuah kopi Stadium Events bisa mencapai US$ 41 ribu (Rp 410 juta). Bahkan kardusnya saja pernah laku terjual US$ 10 ribu (Rp 100 juta).


1990 Nintendo World Championships (NES): Yang Emas Rp 200 Juta



Pada 1990, Nintendo menyelenggarakan turnamen game besar di Amerika Serikat. Untuk pertandingan tersebut dibuatlah cartridge khusus yang berisi 3 game yaitu Super Mario Bros, Rad Racer, dan Tetris. Nintendo membuat 90 cartridge Nintendo World Championships berwarna abu-abu.
 
Selain itu, majalah Nintendo Power pun menyelenggarakan kontes yang berhadiah cartridge Nintendo World Championship. Cartridge berwarna emas tersebut hanya dibuat sebanyak 26 kopi.
 
Kini, dua varian Nintendo World Championship tersebut jadi barang yang benar-benar langka. Untuk yang abu-abu harganya bisa mencapai lebih dari US$ 6 ribu (Rp 60 juta), sementara yang emas lebih dari US$ 20 ribu (Rp 200 juta).


Nintendo Campus Challenge (NES): Kisah Cartridge Terakhir



Pada 1990, Nintendo mengadakan turnamen game keliling kampus di Amerika Serikat. Seperti halnya Nintendo World Championship, peserta diminta memainkan tiga game versi demo. Kali ini adalah Super Mario Bros 3, PinBot, dan Dr. Mario.
 
Hampir seluruh kopi dari cartridge ini dihancurkan setelah turnamen, tetapi salah seorang staf di Nintendo menyimpannya dan menjual kepada seorang kolektor bernama Rob Walters. Kisah ini menjadi legenda di antara para kolektor, karena cartridge itu dipercaya sebagai satu-satunya yang tersisa dari Nintendo Campus Challenge.
 
Kini, harga cartridge Nintendo Campus Challenge ditaksir lebih dari US$ 20 ribu (200 juta). Padahal, Walters membeli barang tersebut (dan satu kardus cartridge lainnya) seharga US$ 1.000 atau sekitar Rp 10 juta saja.


Atlantis II (Atari 2600): Cuma Ada 10


Pada 1982, Atari menyelenggarakan kontes game Atlantis yang berhadiah Atlantis II. Hanya ada 10 cartidge yang dibuat bagi para pemenang. Kini harganya ditaksir lebih dari US$ 13 ribu (Rp 130 juta). 

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar