Jumat, 15 November 2013

TP-Link TL-WA850RE Bikin Sinyal WiFi Makin Moncer

http://images.detik.com/content/2013/11/06/406/tplink_gbratas.jpg


Sudah banyak lokasi publik dan rumah yang telah menggunakan WiFi sebagai sumber koneksi internetnya. Umumnya perangkat router WiFi yang digunakan disiapkan untuk menangani koneksi internet mulai dari notebook, PC, ponsel, bahkan smart TV.

Namun tidak hanya itu, perangkat router juga berfungsi untuk dapat menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya untuk bertukar informasi seperti misalnya berbagi file video, musik, maupun gambar.

Sayangnya kelemahan yang biasanya dimiliki oleh router WiFi adalah jangkauannya yang terbatas. Umumnya halangan seperti tembok antar ruangan kamar adalah hal yang membuat jangkauan WiFi menjadi terbatas.

Kebanyakan pengguna mengakalinya dengan menambahkan lagi perangkat router WiFi di area yang tak terjangkau, namun tentunya metode ini membutuhkan biaya yang lumayan karena penggunanya wajib membeli lagi perangkat router WiFi yang harganya terbilang lumayan.

Yang merepotkan lagi, pengguna juga wajib mengatur parameter pada router WiFi tambahan tersebut agar sesuai dengan parameter yang digunakan pada router WiFi utama.

Namun kini banyak produsen networking yang telah menawarkan kemudahan bagi pengguna yang ingin memperluas jangkauan. Salah satunya seperti yang ditawarkan oleh TP-Link. Mengandalkan sebuah range extender dengan tipe TL-WA850RE, perangkat repeater ini siap membantu pemilik router WiFi menjangkau bagian-bagian terjauh yang tak dapat dijangkau sinyal WiFi.


TP-Link TL-WA850RE


Desain Sederhana

Layaknya kebanyakan perangkat range extender, TL-WA850RE juga menawarkan bentuk yang sederhana. Pengguna pun dapat langsung mencolokkannya ke sumber listrik tanpa harus menggunakan adaptor tambahan.


TP-Link TL-WA850RE


Pada bagian depan terdapat tombol indikator power, ethernet, wireless, dan RE. Adapun ketiga indikator terakhir yang disebut masing-masingnya mewakili koneksi yang sedang digunakan.

Sedangkan bila beralih ke bagian bawah, terdapat port LAN untuk menghubungkannya menggunakan kabel jaringan dan sebuah tombol reset untuk mengembalikan TL-WA850RE ke setingan pabrik.


TP-Link TL-WA850RE

Cara Penggunaan

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghubungkan TL-WA850RE dengan perangkat router WiFi. Pertama, bila router WiFi yang digunakan memiliki fitur WPS atau QSS yang biasanya ditandai dengan kehadiran tombol tersebut pada bodi router.Next



Awalnya pengguna cukup menekan tombol WPS atau QSS tersebut. Kemudian disusul dengan menekan tombol yang ada pada TL-WA850RE. Setelahnya, memakan waktu sekitar 2 menit TL-WA850RE akan melakukan proses untuk terhubung dengan router WiFi.

Bila sukses, lampu indikator akan berhenti berkedip mengartikan TL-WA850RE telah terhubung pada router WiFi. Selanjutnya pengguna tinggal meletakkannya pada lokasi yang diinginkan untuk menjangkau area yang sebelumnya tidak terjamah sinyal WiFi.

Untuk cara kedua memang agak sedikit merepotkan, pengguna harus terlebih dahulu menghubungkan TL-WA850RE secara nirkabel ke komputer. Setelah terhubung, lewat browser pengguna dapat mengakses menu web based yang dimilikinya.

Caranya, ketik tplinkextender.net pada alamat web browser, maka akan muncul username dan password yang harus diisi. Secara default username dan password yang digunakan adalah ‘admin’ untuk kedua field.


TP-Link TL-WA850RE


Selanjutnya pengguna akan diajak menu pencarian WiFi untuk menghubungkannya dengan router WiFi yang dimiliki. Setelah selesai, pengguna pun dapat leluasa menempatkan TL-WA850RE di area-area yang sebelumnya tidak terjangkau oleh sinyal WiFi.


TP-Link TL-WA850RE


TP-Link TL-WA850RE


Spesifikasi

TL-WA850RE mengandalkan koneksi nirkabel dengan standar IEEE 8021.11 b/g/n pada frekuensi 2,4 GHz. Dengan standar yang digunakannya, TL-WA850RE diklaim mampu menawarkan kecepatan transfer data mencapai 300 Mbps.

Meski begitu pada kenyataannya kecepatan yang ditawarkan bergantung pada lokasi tempatnya berada. Semakin besar hambatan, semakin rendah kecepatan yang dirasakan pengguna. Selain itu, jenis perangkat WiFi client yang ada pada perangkat pengguna juga mempengaruhi kecepatan yang mampu diterimanya.


TP-Link TL-WA850RE


Sumber: Detik

1 komentar:

  1. Salam gan Antare5.....sy menggunakan modem wifi linksys WRT 120 N dgn jaringan Fastnet.Kalau sy menggunakan range extender TP link TL WA 850 RE ini,bagaimana cara setingnya dan apakah compatible ? Krn dengar2 kalau jaringannya Fastnet tdk bisa,apa betul ? Trim sebelumnya gan

    BalasHapus