Minggu, 17 November 2013

iPad Air vs iPad Mini Retina, Mana Yang Harus Kamu Beli?

Seperti yang kamu mungkin sudah ketahui Apple baru saja meluncurkan beberapa produk baru semalam, tapi tentu saja yang paling menarik adalah iPad Air vs iPad Mini Retina. Dan seperti jutaan orang lainnya, kamu juga pasti pertanyaan mana yang sebaiknya saya beli kan? Don’t worry kita akan bahas perbedaan iPad Air dengan iPad Mini Retina di sini. Hopefully bisa membantu kamu untuk memutuskan iPad baru yang akan dibeli.

iPad Mini Retina


iPad Mini Retina Product | Screenshot 1

Harga: $399 – $829 | Kapasitas: 16GB – 128GB | Ketersediaan: N/A (Kemungkinan besar 21 November 2013)

Ok lets start dengan iPad Mini Retina. Bagi kamu yang baru saja membeli iPad Mini generasi pertama maka saya turut berduka cita. Itu karena iPad Mini Retina yang baru mengalami peningkatan yang sangat luar biasa. Jika dulu iPad mini adalah versi murah dari iPad biasa dengan spesifikasi yang lebih rendah, maka iPad Mini Retina yang baru memiliki spesifikasi yang sama dengan iPad Air.
Yang lebih istimewa lagi, iPad Mini Retina memiliki resolusi yang sama dengan iPad Air namun karena ukuran layarnya yang lebih kecil maka iPad Mini Retina memiliki kepadatan pixel yang lebih tinggi alias 326ppi. Ini membuat layarnya menjadi super duper crisp. Saya secara pribadi memiliki tablet Android berlayar Amoled (Galaxy Tab 7.7) dan kualitas layarnya terbilang mantap dengan warna yang sangat vivid. Namun jika harus memilih saya tetap akan memilih retina display, jangankan bermain game untuk browsing saja retina display sudah membawa perbedaan yang begitu banyak.
iPad Mini Retina diperkuat dengan Chip A7 dan M7 yang juga digunakan di iPhone 5S. Ini merupakan Chip tercepat yang ada untuk keluarga iOS. Jadi jangan khawatir karena semua apps dan games akan di ‘embat’ oleh iPad Mini Retina.
Selain itu iPad Mini Retina juga memiliki kamera 5MP untuk bagian belakang dan 1.2MP untuk bagian depan. Saya tahu apa yang kamu mungkin pikirkan, 5MP untuk zaman sekarang adalah ukuran yang cukup kecil. Tapi saya tidak akan bosan-bosannya mengatakan bahwa MP bukanlah penentu kualitas gambar, MP berperan dalam berapa besarnya ukuran photo yang diambil dan artinya kamu dapat mencetak dalam ukuran yang lebih besar. Jika kamu mencari kualitas gambar maka sensorlah yang menentukan hasilnya, dan iPad Mini Retina memiliki kualitas sensor yang sangat baik.

iPad iSight Camera

Hasil Jepretan Camera iSight 5MP
Belum ada keterangan mengenai berapa jumlah memory (RAM) yang digunakan. Namun inilah salah satu kekuatan Apple dibanding Android. Kamu tidak perlu pusing dengan spesifikasi karena Apple menjamin semua apps dan games akan jalan selama minimal 2 tahun. iPhone 4s saya yang sudah berumur 2 tahun saja masih lancar menjalankan Infinity Blade III dan Real Racing 3. iPod Touch 4 yang sudah berumur 3 tahun juga masih bisa menjalankan Infinity Blade II dengan cukup smooth. Begitu kamu membeli produk Apple, spesifikasi adalah hal yang tidak perlu dikhawatrikan.
Kelebihan: Ukuran kecil dan simple | Lebih Ringan Dari iPad Air | Retina Display | PPI melebihi iPad Air | Menggunakan Chip yang sama dengan iPhone 5s

iPad Air


iPad Air Product | Screenshot 1

Harga: $499 – $929 | Kapasitas: 16GB – 128GB | Ketersediaan: 1 November 2013

iPad Air adalah satu-satunya iPad yang membuat saya tertarik setelah iPad 2. Ini merupakan perubahan paling radikal dibanding dengan generasi sebelumnya. iPad Air juga menggunakan Chip A7 dan M7 yang digunakan oleh iPhone 5S. Tapi perbedaan terbesar datang dari form factornya. iPad Air sekarang memiliki ketipisan yang sama dengan iPad Mini Retina dan itu tidak lebih tebal dari sebatang pensil. Selain itu iPad Air juga mendapatkan pengurangan berat sampai 30%. Kombinasi keduanya menjadikan pengalaman memegang iPad menjadi berubah total.

iPad Mini Retina Product | Screenshot 2

iPad Air memiliki layar yang lebih besar yaitu 9.7″ dibanding dengan iPad mini yang memiliki layar sebesar 7.9″. Namun keduanya memiliki resolusi yang sama yaitu 2048-by-1536. Ini berarti iPad Air akan memiliki ketajaman yang lebih rendah dibanding dengan iPad Mini Retina. Namun jangan biarkan kata lebih rendah mengurungkan niat kamu, karena dengan resolusi inipun iPad Air sudah bisa dikatakan retina dan itu berarti mata kamu dalam jarak pandang yang normal tidak dapat membedakan titik yang ada di layar (pergi saja ke Apple authorized center terdekat dan lihat layar retina untuk mengerti maksud saya :D).

Kelebihan: Ukuran Layar Optimal Untuk Reading & Gaming | Memiliki ketipisan yang sama dengan iPad Mini Retina | Lebih ringan 30% dibanding generasi sebelumnya | Menggunakan Chip yang sama dengan iPhone 5S

Kapan Tersedia Di Indonesia?


iPad Availbility

Pertanyaan bagus, tapi sayangnya ini adalah pertanyaan yang sangat sulit. Sulit karena iPad mini generasi terakhir saja tidak masuk Indonesia. Jadi apakah ini berarti iPad Mini Retina tidak akan masuk juga? Bisa jadi, tapi bisa juga sebaliknya.
Sebagai rule of thumb. iPad Air dan iPad Mini Retina akan tersedia di 41 Negara pada tanggal 1 November nanti. Indonesia biasanya berada di batch ke 2 atau 3. Let say kali ini kita kebagian batch 2 itu berarti kemungkinan besar pengiriman akan dilakukan sekitar akhir Desember 2013 sampai Januari 2014 untuk bisa mencapai Indonesia dengan tambahan pajak sekitar 600-800 ribu rupiah.

Pertanyaan Besar: iPad Mini Retina vs iPad Air, Mana Yang Harus Saya Beli?



iPad Air & iPad Mini Retina

Dulu pertanyaan ini sebenarnya lebih sulit dijawab karena perbedaan spek dan harga yang cukup signifikan. Namun sekarang karena iPad Mini Retina dan iPad Air memiliki spesifikasi hardware yang sama maka jawabannya hanya tergantung dari ukuran mana yang membuat kamu lebih nyaman.
Jika kamu dulu memiliki kecenderungan memilih iPad Mini ketimbang iPad karena alasan dimensi dan bobot, maka sekarang itu sudah bukan lagi masalah. Selain memiliki ketipisan yang sama dengan iPad Mini Retina dan pengurangan lebar, iPad Air juga mengalami penurunan bobot sebesar 28% dibanding dengan generasi sebelumnya. Mobilitas sekarang jauh lebih baik.
Jika dari dulu kamu memang sudah jatuh cinta dengan iPad Mini, maka iPad Mini Retina yang baru adalah gadget yang wajib kamu beli. iPad Mini Retina tidak lagi menggunakan spesifikasi yang lebih lambat, karena sudah menggunakan chip yang sama dengan iPad Air dan iPhone 5S.
Jika budget kamu terbatas maka go with iPad Mini, jika kamu ada budget lebih maka go with iPad Air. Both are the most awesome gadget in the world. Promise!

Untuk perbandingan spesifikasi lengkap antara iPad kamu bisa menggunakan link ini

Sumber: GameSinasia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar