Selasa, 11 Juni 2013

Lebih dari 2/3 Ortu Gunakan Gadget untuk Bantu 'Asuh' Anak Saat Liburan

img


Sedang bersiap liburan? Sebagian besar orangtua masa kini pasti tidak akan lupa membawa gadget kesayangan mereka. Survei pun membuktikan gadget-gadget ini menjadi alat bantu untuk 'mengasuh' anak.

Survei tersebut dibuat oleh Online Cruising Travel Agency terhadap 1.269 orangtua di Inggris yang berusia di atas 25 tahun. Dari survei terungkap ada lebih dari 2/3 orangtua yang memberikan anak-anaknya gadget. 

Dengan adanya gadget ini bisa meringankan tugas orangtua ketika mengurus anak tanpa pengasuh saat liburan. Anak bisa sibuk bermain dengan gadgetnya sementara orangtua melakukan aktivitas lainnya. Para orangtua yang disurvei pun mengakui membawa gadget tersebut untuk membantu anak-anak mereka tetap terhibur.

Survei juga mengungkapkan, saat liburan para orangtua ini tidak hanya membawa satu gadget. Mereka bisa membawa tiga gadget ketika melakukan liburan selama seminggu lebih. 

Gadget apa yang paling populer dibawa saat liburan? 51% responden mengaku membawa tablet. Dan di urutan kedua gadget paling populer adalah smartphone dengan dipilih 43%. Sementara itu 41% responden memilih membawa game console untuk membantu 'mengasuh' anak saat liburan. Laptop dan iPod juga termasuk gadget yang wajib dibawa saat berpergian bersama anak.

Masih dari survei yang sama terungkap juga betapa para orangtua sangat mengandalkan gadget untuk membantu 'mengasuh' anak. 57% orangtua mengakui mereka membiarkan anak bermain dengan gadgetnya selama dua jam atau lebih. 21% responden lainnya membiarkan anak bermain selama yang mereka inginkan. Namun ketika ditanya apakah hal serupa berlaku ketika di rumah, 78% responden menjawab tidak.

Gadget memang bisa sangat membantu orangtua ketika berlibur bersama anak saja, tanpa adanya pengasuh. Namun tentu saja penggunaannya harus dibatasi. Manfaatkan gadget tersebut hanya di waktu-waktu tertentu yang Anda memang tidak bisa bermain bersama anak atau ketika anak sudah bosan karena keterbatasan ruangan. Misalnya saja ketika berada dalam perjalanan dengan pesawat atau mobil.

Bagaimanapun liburan seharusnya menjadi waktu untuk lebih dekat dan intim dengan anak maupun pasangan. Jangan biarkan gadget menguasai hidup Anda sepenuhnya.


Sumber: Wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar