Senin, 16 Desember 2013

Memainkan Game PS4 & Xbox One di PC? Bisa Saja!

http://images.detik.com/content/2013/12/10/654/game4.jpg


Memainkan game konsol melalui komputer memang bisa dilakukan dengan bantuan sebuah emulator, termasuk untuk game PS4 dan Xbox One yang akan datang. 

Konsol game generasi terbaru PS4 dan Xbox One memang belum lama dipasarkan, namun menurut Ben Vanik, software engineer yang hobi membuat emulator konsol game, emulator PS4 dan Xbox One diyakini lebih mudah dibuat.

Alasannya, karena kedua konsol mengandalkan prosesor berbasis x86 yang notabene digunakan oleh banyak bahasa pemrograman dan mirip dengan arsitektur PC. Pun begitu, baik prosesor PS4 dan Xbox One tetap memiliki kemampuan komputasi 64 bit.

Hal inilah yang diyakini oleh Vanik bahwa emulator PS4 dan Xbox One akan lebih mudah dibuat dibanding emulator PS3 dan Xbox 360 yang memiliki keunikan tersendiri. Sekadar catatan, hingga kini belum ada satu pun emulator PS3 atau Xbox 360 yang bekerja sempurna.

Kehadiran emulator PS4 dan Xbox One dipercaya Vanik akan hadir dalam waktu dekat, yakni sekitar satu tahun setelah kedua konsol tersebut dipasarkan.

"Bukan tidak mungkin bakal lebih mudah membuat emulator PS4 dan Xbox One dalam setahun ke depan dibanding membuat emulator PS3 dan Xbox 360 yang hingga saat ini belum berhasil dibuat," ujar Vanik, seperti detikINET kutip dari Kotaku, Selasa (10/12/2013).

Emulator konsol game sendiri merupakan metode pemrograman yang memungkinkan pengguna komputer untuk dapat memainkan game konsol melalui komputer. Biasanya ada beberapa konfigurasi sederhana yang harus dilakukan penggunanya untuk menemukan pengaturan terbaik sebelum dapat menggunakannya.

Meski begitu Vanik tetap menekankan bahwa pembuatan emulator PS4 dan Xbox One hanya dimungkinkan saat konsol terbaru besutan Sony dan Microsoft itu telah sukses di-hack, dan itu belum diketahui kapan. Bisa besok, lusa, tahun depan atau mungkin malah tidak sama sekali.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar