Selasa, 13 Agustus 2013

Serba-serbi iPhone 5S

Rumor apapun mengenai Apple memang menarik diikuti, terutama bila terkait bocoran iPhone generasi terbaru. Berdasarkan banyak rumor yang beredar, iPhone anyar tersebut akan mengusung nama iPhone 5S.

Sejumlah improvisasi konon bakal dihadirkan Apple pada versi terbaru iPhone 5 tersebut, mulai dari prosesor yang lebih kencang hingga implementasi sistem operasi terbaru. Tidak hanya itu, Apple disebutkan juga bakal menambah sejumlah fitur unik yang belum pernah ditemui di smartphone lain sekelasnya .

Nah, apa saja isu yang berkembang seputar iPhone 5S, berikut ulasannya yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Sensor Sidik Jari

http://images.detik.com/content/2013/08/13/317/133453_iphone5homebutton.jpg

Sejumlah rumor mengatakan kelebihan yang bakal ditawarkan Apple pada iPhone 5S adalah sebuah fitur unik yang hampir dapat dipastikan belum dimiliki oleh smartphone lain sekelasnya.

Ya, sebuah sensor sidik jari. Nantinya sensor ini akan menggantikan fitur 'slide to unlock' khas Apple yang biasa ditemui pada perangkat iPhone.

Kelebihannya, sudah tentu meningkatkan keamanan iPhone 5S milik pengguna, karena dipastikan hanya sang pemilik yang mampu mengakses iPhone 5S tersebut.

Adapun posisi sensor sidik jari tersebut konon diletakkan bersamaan dengan tombol home yang bakal menggunakan material safir. Alasan pemilihan material nomor dua terkuat di dunia tersebut diduga kuat sekaligus untuk melindungi sensor sidik jari yang ada di bawahnya.


2. Prosesor

http://images.detik.com/content/2013/08/13/317/133803_nedazeinfo.com130411b.jpg


Seperti diketahui iPhone 5 saat ini mengandalkan Apple A6 sebagai prosesornya. Adapun kecepatan clock yang dimilikinya adalah sebesar 1,3 GHz dan baru sebatas mengusung teknologi dual core.

Nah, iPhone 5S diisukan bakal mengandalkan prosesor yang lebih baik. Mengusung sebutan Apple A7, prosesor yang bakal mempersenjatai iPhone 5S tersebut akan mengusung kecepatan clock mencapai 1,5 GHz dan telah mengandalkan teknologi quad core.


Tidak hanya itu, kelebihan lain juga terletak pada pengolah grafis yang tentunya diklaim bakal lebih baik dibanding PowerVR SGX 543MP3 yang digunakan oleh Apple A6.

Isu lain juga mengungkap Apple sudah tidak lagi mengandalkan Samsung untuk membuat prosesor terbarunya tersebut. Perusahaan yang berpusat di Cupertino, AS ini bakal mempercayakannya pada produsen chip TSMC asal Taiwan.

3. Layar Berpixel Super Rapat

http://images.detik.com/content/2013/08/13/317/134132_iphone5displaysw640x452.jpg


Isu lain mengenai iPhone 5S adalah terkait teknologi layar yang digunakannya. Untuk ukuran, konon tidak akan berbeda dengan iPhone 5 yakni tetap mengandalkan ukuran 4 inch. 

Namun berdasarkan isu yang beredar, dibandingkan iPhone 5, konon Apple akan melipatgandakan kepadatan pixel pada layar yang digunakan oleh iPhone 5S hingga dua kalinya.

Hal ini dikatakan bakal berujung pada tingkat kepadatan pixel (ppi) yang meningkat dua kali lipat. Bila iPhone 5 memiliki kepadatan pixel 326 ppi, maka layar iPhone 5S bakal memiliki kepadatan pixel mencapai 600 ppi.

Ini dimungkinkan berkat peningkatan jumlah total pixel pada layar iPhone 5S yang konon mencapai 1,5 juta pixel, meningkat dua kali lipat dibanding retina display yang dijejali total pixel sebanyak 720 ribu pixel.


4. Kamera

http://images.detik.com/content/2013/08/13/317/134259_5scameramodule640x384.jpg


Salah satu kelebihan iPhone adalah kemampuan kamera yang dimilikinya. Hampir dapat dipastikan Apple juga bakal memberikan kelebihan serupa pada iPhone 5S, namun tentunya dengan kemampuan yang lebih baik lagi.

iPhone 5S dikatakan bakal mengusung kamera berkemampuan 12 MP yang mengandalkan BSI sensor dan f2.4 aperture. Kelebihan itu pun masih ditambahkan dengan sebuah flash dual LED.

Selain itu, kemampuan HDR secara default bakal ditangani oleh prosesor khusus, tidak seperti iPhone 5 yang masih mengandalkan prosesor utama untuk proses HDR.


5. Baterai Tahan Lama dan NFC

http://images.detik.com/content/2013/08/13/317/iphone_5s_interior.jpg


Kelebihan lain yang ditawarkan iPhone 5S dibanding iPhone 5 adalah daya tahan baterai yang konon bakal bertahan lebih lama. Sayangnya, berdasarkan isu yang beredar peningkatannya tidak terlalu signifikan yakni hanya berkisar 8,6 persen lebih lama.

Selain itu, Apple akhirnya bakal menyematkan dukungan NFC pada iPhone 5S. Terlambat memang, mengingat smartphone besutan produsen lain telah menyematkan teknologi ini jauh sebelumnya. 

Namun tetap saja ini merupakan peningkatan dibanding iPhone 5 yang belum memiliki dukungan NFC.


6. Desain

http://images.detik.com/content/2013/08/13/317/134711_iphonegold.jpg


Secara desain sepertinya tidak banyak perbedaan antara iPhone 5 dan iPhone 5S. Perbedaan mencolok terhitung hanya terletak pada bagian tombol home yang telah mengandalkan material safir dan dibenamkan sensor sidik jari. 

Namun bila iPhone 5 hanya hadir dalam dua varian warna yakni hitam dan putih, maka iPhone 5S diisukan bakal hadir dalam 3 varian warna yakni hitam, putih dan champagne atau gold.


7. iOS 7

http://images.detik.com/content/2013/08/13/317/135012_iphone5slogs.jpg


iOS 7 disebut-sebut mampu membawa hawa segar dari segi desain. Sistem operasi mobile ini pertama kali dipamerkan Apple di ajang World Wide Developer Conference (WWDC) 2013.

"iOS 7 merupakan perubahan besar sejak iOS diperkenalkan untuk iPhone. Ini merupakan satu paket dengan dengan banyak fitur baru dan antarmuka yang menakjubkan untuk pengguna," kata CEO Apple Tim Cook, kala itu.

Selain lebih berwarna, tampilan iOS 7 juga tak lagi monoton seperti versi sebelumnya. Coba tengok 'slide to unlock' yang kini telah mendapat penyegaran tampang.

Selain itu, membuka pusat kontrol pun tak hanya dari atas ke bawah, tapi bisa juga dari bawah ke atas. Menarik lagi karena ada gradasi warna dan seperti tembus pandang.


Perubahan lain yang ditawarkan adalah, beberapa ikon aplikasi bawaan juga mengalami perubahan. Lebih cerah, simpel dan elegan.


Tak kalah menarik adalah galeri foto yang mengusung perubahan besar dimana saat ini pengguna juga bisa mengelompokkan foto berdasarkan waktu dan lokasi, mirip iPhoto. Namun Apple menyebutnya sebagai Moment.

Hampir dapat dipastikan segala kelebihan yang ditawarkan iOS 7 tersebut bakal hadir pada iPhone 5S.


8. Harga

http://images.detik.com/content/2013/08/13/317/135216_appleiphone5prices.jpg


Sesuai banyak prediksi, harga yang bakal ditawarkan Apple sepertinya tidak akan banyak jauh berbeda dengan harga iPhone 5 saat pertama kali diluncurkan. 

Santer disebutkan, iPhone 5S bakal dibanderol mulai USD 199 untuk versi 16 GB hingga USD 399 untuk versi tertinggi yakni 64 GB. Tentunya harga yang ditawarkan tersebut terikat kontrak dengan operator seluler, biasanya sampai dua tahun.

Bila tanpa kontrak tetapi masih diikat bundling, iPhone 5S diprediksi bakal dibanderol mulai USD 649. Sedangkan dalam kondisi unlock, iPhone 5S bakal dibanderol dengan start harga USD 750.


9. Waktu Peluncuran

http://images.detik.com/content/2013/08/13/317/135426_iphone_5s_rear_460.jpg

Apple diyakini bakal memperkenalkan iPhone generasi terbarunya tersebut pada 10 September 2013, demikian seperti detikINET kutip dari AllThingsD.

Selain merilis iPhone 5S, perusahaan asal Cupertino, AS, ini kabarnya juga akan memperkenalkan iPhone 5 versi lebih murah, iPhone 5C.

Kehadiran dua versi iPhone terbaru ini pun kabarnya juga tak akan memakan waktu lama. Dalam beberapa minggu keduanya dikatakan sudah bisa sampai ke tangan pengguna setelah resmi diperkenalkan pada 10 September.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar