Kamis, 01 Agustus 2013

Gigi Berteknologi Wi-Fi Bisa Bantu Mencegah Makan Berlebih



Bukan cuma perangkat komputer dan telepon genggam saja yang disemati teknologi wi-fi alias wireless fidelity. Teknologi komunikasi nirkabel itu kini disematkan pula ke gigi manusia, untuk membantu mengontrol perilaku makan berlebih.

Gigi berteknologi wi-fi ini dikembangkan oleh para ilmuwan dari National Taiwan University. Bentuknya berupa sensor mini yang dilekatkan ke gigi manusia untuk mendeteksi makanan ataupun asupan lain yang masuk ke tubuh melalui mulut manusia.

Sensor ini mampu mendeteksi berapa banyak makanan yang dikonsumsi seseorang, bahkan bisa juga mendeteksi kebiasaan merokok dan minum-minuman keras. Teknologi sensor yang dipakai didasarkan pada gerakan mengunyah, yang diyakini bervariasi tergantung jenis makanannya.

"Karena mulut adalah pintu masuk bagi kesehatan manusia, sistem sensor oral sangat potensial dipakau untuk memonitor kesehatan seperti melacan riwayat diet," tulis para ilmuwan dalam laporannya seperti dikutip dari NY Dailynews, Kamis (1/8/2013).

Dalam eksperimen yang dilakukan baru-baru ini, para ilmuwan menghubungkan sensor di gigi tersebut dengan komputer melalui teknologi wi-fi. Dalam kenyataannya kelak, teknologi ini bisa juga menyambungkan gigi dengan perangkat lain seperti smartphone alias ponsel pintar.

Para pengamat meyakini, teknologi ini sangat mungkin untuk diwujudkan menjadi perangkat sehari-hari. Namun yang masih perlu dipikirkan adalah faktor keamanan, mengingat sensor tersebut berukuran sangat mini dan ditempelkan di gigi sehingga sangat mungkin untuk tertelan.

Perilaku makan berlebihan memang perlu dikontrol mengingat angka obesitas atau kelebihan berat badan telah menjadi permasalahan global. Selain dipicu leh kelebihan makan, obesitas juga dipicu oleh kurangnya aktivitas fisik khususnya pada manusia moderen yang sehari-harinya lebih banyak duduk.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar