Kisah Tetris, Snake, dan Grand Theft Auto sesungguhnya hanya sebagian
kecil dalam sejarah video game di dunia. Yang jelas, mereka telah
mengambil tempatnya sendiri dalam industri.
Sebetulnya bukan
hanya Tetris, Snake, dan GTA yang sukses. Sejak pertama kali video game
diciptakan ada begitu banyak pencapaian bersejarah di industri video
game. Ini sebagian menurut versi csmonitor.com dan diurutkan dari masa
kini ke masa awal penciptaan game:
Game Rambah Sosial Media dan Mobile
Rasanya sulit mengingat masa-masa sebelum ada game
seperti Angry Birds atau Farmville. Soalnya, game sudah merambah banyak
laman sosial media dan perangkat mobile di dunia. Bagaimana game seperti Farmville bisa sukses? Barangkali lantaran berangkat dari premis sederhana: kelola ladang online Anda
dan biarkan teman ikut, supaya makin terhibur. Hasilnya, Farmville
dimainkan 40 juta orang per bulan. Fulus mengalir ke penerbitnya karena
iklannya banyak. Pemain juga bisa membeli bibit dengan duit betulan.
Game di perangkat mobile pun
bergerak dari yang sederhana seperti Snake dan Tetris ke permainan yang
lebih kompleks seperti Angry Birds dan Candy Crush. Pada 2012, Angry
Birds sudah diunduh 1 miliar kali.
Wii Bikin Gamer Menggerakkan Badan
Biasanya, gamer kurang banyak menggerakkan tubuhnya.
Tapi itu sebelum Nintendo Wii hadir. Wii dirilis pada 2006 sebagai
konsol game pertama yang dimainkan dengan gerakan tubuh. Permainannya
mulai dari permainan pedang sampai tenis. Dari bowling sampai tinju.
Berikutnya, menyusul Microsoft dengan Kinect di Xbox dan Sony dengan
PlayStation Move.
Xbox Live Menghubungkan Para Gamer
Pada 2002 Microsoft merilis Xbox Live, konsol yang
mempunyai konektivitas broadband, sehingga gamer bisa memainkan game
online dan bermain dengan banyak orang pada waktu yang sama. Alih-alih
melawan komputer, para gamer bisa saling beradu.
Di segmen game
komputer cara ini bukan hal yang baru. Tapi di industri konsol,
kehadiran Xbox Live sungguh langkah besar. Sampai 2013, Microsoft
melaporkan ada 46 jura anggota Xbox Live.
World of Warcraft, MMORPG Paling Masif
Massively multiplayer online role-playing games (MMORPG)
sudah ada satu dekade saat World of Warcraft dirilis pada 2004. Tapi
World of Warcraft adalah game paling masif, dalam hal grafis dan
permainannya. Kata lainnya, MMORPG meraih popularitasnya gara-gara World
of Warcraft.
World of Warcraft menawarkan dunia virtual di mana
para gamer bisa menciptakan karakternya sendiri dan hidup dalam
settingan khusus, yang bisa tetap eksis dan berubah meski pemainnya
sedang offline. Game Informer memilih World of Warcraft ke
dalam urutan ke-11 video game terbaik. Pada 2010, pelanggan game ini
sudah mencapai puncak, 12 juta pemain, dan tiap orang membayar US$ 14,99
per bulan.
Game 3D Di Tangan Sony dan Nintendo
Kebanyakan gamer membagi era video game ke dalam era
pra-3D dan post-3D. Pemisahnya adalah kelahiran konsol Sony PlayStation
dan Nintendo 64. Sony merilis PlayStation 1 di Jepang pada 1994.
Prosesor 32-bit memungkinkan konsol ini memainkan grafis 3D. Sony nyaris
tanpa lawan kalau saja Nintendo tak merilis Nintendo 64 pada 1996.
Game Boy, Si Portabel yang Merajalela
Game Boy bukanlah sistem game portabel pertama. Tapi
ia yang tersukses. Sebelum Game Boy hadir, perangkat game portabel
biasanya tak bisa diisi ulang baterainya dan gambar yang terang menyedot
banyak energi.
Desainer Game Boy, Gunpei Yokoi, akhirnya
menciptakan perangkat yang berlayar monokrom serta punya baterai yang
enteng. Perangkat makin ringan dan daya tahan baterai lebih lama. Dia
juga tahu bahwa Game Boy butuh game yang khas untuk mendongkrak merek.
Maka digabungkanlah Tetris dan Game Boy, yang terbukti sukses. Pada 1989
Game Boy terjual 1 juta unit. Pada 1991 membengkak jadi 4,4 juta.
Pac-Man yang Fenomenal
Sebelum Pac-Man hadir, video game biasanya hanya
dipasarkan untuk kalangan pria, anak-anak, dan pegiat ilmu komputer.
Tapi Toru Iwatani, seorang desainer game, mengubah hal itu. Dia
menciptakan Pac-Man untuk Namco pada 1979. Niatnya adalah membuat game
yang gendernya netral dan bisa menguasai pasar.
Di Jepang
Pac-Man memang kurang berhasil. Tapi di Amerika pada 1980, Pac-Man
sukses mengungguli Asteroid dan meraup US$ 1 miliar dalam kurun waktu 15
bulan pertama. Game ciptaan Iwatani tak hanya sukses di industri game.
Karakternya muncul dalam film kartun dan lagu berjudul “Pac-Man Fever”
yang dilantunkan oleh Buckner & Garcia dan bercokol dalam Top 10
Billboard.
Pong, Si Jawara Pertama
Pong awalnya didesain untuk jadi teman latihan,
diciptakan Al Alcorn untuk Atari pada awal era 1970-an. Pong memang
bukan video game pertama yang diciptakan, tapi ia adalah game pertama
yang menjadi jawara. Pada 1975, Atari sukses menjual lebih dari 150 ribu
Pong versi meja. Nintendo dan Telstar tak mau kalah. Mereka merilis
jagoannya masing-masing.
Sumber: Detik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar