Rabu, 03 Juli 2013

Ayo Ramaikan Open Animation Competition sebuah Kompetisi Animasi 3D bagian Dari Compfest 2013

CompFest2013, Depok – Ada inovasi baru di CompFest 2013!  Kali ini CompFest akan mengadakan kompetisi pembuatan animasi 3D yaitu Open Animation Competition untuk pertama kalinya. Dengan membawa tagline “Creative can be open”, Open Animation Competition hadir untuk membuka wawasan masyarakat Indonesia bahwa sudah saatnya kita terlibat untuk memajukan dunia peranimasian Indonesia.
Animasi tidak hanya sebagai sarana hiburan, tapi juga sebagai sarana pendidikan untuk memajukan perkembangan bangsa dan dapat dijadikan lapangan pekerjaan. Rakyat Indonesia perlu tahu bahwa animasi Indonesia pantas untuk diapresiasi dan sejajar dengan animasi-animasi dunia lainnya. Untuk mewujudkan mimpi ini, CompFest akan berkolaborasi dengan Blender Indonesia dan Cimahi Creative Association untuk membantu peserta menghasilkan karya yang pantas untuk dibanggakan dan layak bersaing di kancah nasional maupun internasional.


Sasaran peserta Open Animation Competition ini adalah masyarakat umum terutama para mahasiswa dan para siswa SMA/SMK yang memiliki bakat di bidang animasi dan siap kerja yang tentu saja diharapkan dapat menjadi gigi roda pergerakan animasi di Indonesia. Peserta akan mengikuti beberapa tahap yaitu : Registration, Premis Competition, Personal Selection & Team Placement.,  Animation Academy,  Production Stage dan Final Challange (Screening).
Peserta yang berasal dari seluruh penjuru di Indonesia akan berkumpul dalam tim untuk berkolaborasi dalam membuat animasi. Dari seluruh peserta yang mendaftar, kemudian  akan dibagi ke dalam 3 tim (10 orang/tim), dimana dalam setiap tim akan terdiri dari 4 orang Animator, 2 orang Designer, 2 orang Modeler, 1 orang Sound Engineer dan 1 orang Technical Manager.
Akan banyak sekali ilmu pembuatan animasi yang didapatkan selama Open Animation Competition ini. Director ahli dan mentor akan mengajarkan peserta mulai dari tahap awal pembuatan cerita, proses modelling dan animating, sound composing, pengetahuan umum tentang perfilman serta team building.
Hadiah yang akan diberikan untuk juara 1 sebesar Rp5.000.000,00, juara 2 sebesar Rp4.000.000,00 dan juara 3 sebesar Rp3.000.000,00. Selain mendapatkan hadiah dan pengalaman yang seru, peserta yang menang berkesempatan untuk internship di salah satu studio profesional! Pendaftaran kompetisi ini sudah mulai sejak hari Rabu, 1 Mei 2013.
Tahapan Kompetisi
  • Pendaftaran dan Pengumpulan CV & Portofolio (1 Mei 2013 – 9 Juni 2013)
    Pendaftar melakukan pendaftaran dan mengumpulkan CV & Portofolio melalui http://compfest.web.id.
  • Premise Competition (1 Mei 2013 – 9 Juni 2013)
    Premise Competition merupakan mini kompetisi pembuatan premis cerita animasi yang nantinya akan diwujudkan oleh peserta Open Animation Competition. Tiga Premis terbaik yang dipilih peserta akan mendapatkan penghargaan yang akan diumumkan pada puncak acara CompFest. Mini kompetisi ini terbuka untuk umum.
  • Seleksi & Pembagian Tim (10 Juni 2013 – 23 Juni 2013)
    Tahap dimana portofolio yang disubmit peserta akan diseleksi oleh pihak panitia dan juri (Blender Indonesia & Cimahi Creative Association). Peserta yang lolos seleksi portofolio akan diwawancarai dan kemudian akan dilakukan pembagian team.
  • Akademi Sesi Pertama (29 Juni 2013 – 30 Juni 2013)
    Sesi pertama akademi dimana peserta akan diberi pembekalan motivasi serta diberi bimbingan oleh mentor profesional di dunia animasi.
  • Masa Produksi (1 Juli 2013 – 20 September 2013)
    Sesi produksi animasi peserta. Selama masa produksi akan disediakan forum online dimana peserta dapat bertanya jika mengalami kesulitan dan sebuah jurnal online yang akan diisi oleh peserta untuk laporan perkembangan pembuatan animasi.
  • Akademi Sesi Kedua (17 September 2013 – 20 September 2013)
    Sesi kedua akademi dimana peserta akan diarahkan untuk menyelesaikan tahapan akhir dalam pembuatan karya animasi sehingga kualitas dari animasi yang nantinya dihasilkan dapat terjamin.
  • Screening and Judging (21 September 2013 – 22 September 2013)
    Tahap akhir dari Open Animation Competition, dimana akan diadakan penayangan karya animasi, presentasi, serta proses penjurian dari hasil karya tiap tim.
Biaya Pendaftaran
FREE!
Hadiah dan Penghargaan
Juara 1 : Rp 10.000.000,00 + Sertifikat + Magang di Studio Animasi Professional
Juara 2 : Rp 7.000.000,00 + Sertifikat + Magang di Studio Animasi Professional
Juara 3 : Rp 4.000.000,00 + Sertifikat + Magang di Studio Animasi Professional

Selengkapnya ke www.compfest.web.id saja ya

Sumber: BeritaTeknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar