Selasa, 18 Desember 2012

Smartphone Murah Pilihan di 2012


Ceruk pasar menengah ke bawah masih cukup menggiurkan bagi para vendor ponsel besar. Tidak heran jika mereka masih setia merilis smartphone dengan harga terjangkau.
Memang masih banyak orang yang mempertimbangkan faktor harga kala membeli sebuah smartphone. Biasanya yang paling diburu adalah handset berharga murah namun fiturnya tidak memalukan.
Smartphone murah berkualitas apa saja yang dipasarkan pada tahun 2012 ini? Berikut di antaranya seperti dihimpun detikINET.



1. Lenovo A60+



Barangkali, Lenovo A60+ adalah salah satu ponsel Android buatan vendor global termurah saat ini. Betapa tidak, di Indonesia banderolnya kurang dari Rp 1 juta.
Apa yang ditawarkannya memang standar. Namun tidak buruk-buruk amat, malah di beberapa sektor sedikit lebih baik dibanding beberapa ponsel sekelasnya.
Prosesornya saja sudah berkekuatan 1 GHz, kamera 2 megapixel, dan mengusung fitur dual SIM. Lumayan bukan?



2. Samsung Galaxy Pocket



Galaxy Pocket tampil dengan mengusung layar sentuh di display selebar 2.8 inch. Sekilas ia cukup ramping dan kompak.
Dari sisi dapur pacu, ia dibekali dengan prosesor berkecepatan 832 Mhz. Fungsi internet milik Galaxy Pocket sudah bisa mengakomodir HSDPA hingga 3.5G, serta sudah dilengkapi kamera 2 megapixel dan internal memori.
Pada awal kemunculannya, Galaxy Pocket dihargai sekitar Rp 1,1 juta. Cocok bagi pengguna smartphone pemula yang tidak ingin merogoh banyak uang untuk sebuah smartphone.



3. LG Optimus L3



LG Optimus L3 coba menawarkan pengalaman sebuah smartphone canggih dalam bodi mungil. Oleh sebab itulah ponsel yang diklaim berdesain ciamik ini punya dibekali dapur pacu lumayan handal.
Layar 3,2 inch yang diusung ponsel ini diklaim sangat ideal untuk 'berwisata' ke jejaring sosial, berjelajah di internet atau membaca email. Dan dengan kapasitas baterai 1500 mAh, Optimus L3 dijanjikan mampu hidup lebih lama.
Ponsel Android ini dibanderol sekitar Rp 1,2 juta. Sudah pasti tidak bikin kantong bolong.



4. Motorola Fire XT530



Namanya bagi beberapa kalangan memang kurang akrab di telinga. Ponsel mungil ini menggunakan ukuran layar sentuh 3,5 inci full tanpa tambahan navigasi fisik apapun. Jadi terkesan lega memang.
Anda penggemar fotografi instan? Cocok dengan kamera dihadirkan di Fire XT530 ini dengan kemampuan 5 megapixel. 
Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, hanya Rp 1,3 juta. Lumayan murah dengan fitur yang memadai.



5. Huawei U8655 Ascend Y200



Huawei cukup sering menggelontorkan ponsel berharga terjangkau. Seperti Huawei U8655 Ascend Y200 yang keluar tahun 2012 ini.
Di Indonesia, handset ini dijual di kisaran harga sejutaan. Spesifikasinya sendiri lumayan bagus untuk ponsel sekelasnya.
Seperti prosesor 800 Mhz, kamera 3,2 megapixel, dan layar seluas 3,5 inch dengan resolusi 320 x 480 pixel.



6. Samsung Galaxy Y Duos



Samsung Galaxy Y Duos S6102 merupakan penerus Galaxy Y standar. Versi terbaru Galaxy Y hadir dengan beragam peningkatan fitur, terutama dual on GSM. 
Galaxy Y Duos bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 1,4 juta. Spesifikasinya terbilang cukup baik dibandingkan ponsel sekelasnya.
Seperti kamera 3,2 megapixel, prosesor 832 Mhz, dual SIM Card GSM dan sistem operasi Android Gingerbread.



7. Sony Xperia Tipo



Tipo sudah memakai Android 4.0 alias Ice Cream Sandwich. Baterainya yang berkekuatan 1.500 mAh juga diklaim awet, dapat bertahan dalam waktu siaga sekitar 24 jam.
Pengguna Tipo juga akan mendapatkan layanan penyimpanan cloud gratis 50 GB, namun hanya sampai akhir tahun 2013.
Spesifikasi lain Tipo di antaranya kamera 3,2 megapixel, prosesor 800 Mhz, layar 3,2 inch resolusi 320 x 480 pixel, storage internal 2,9 GB serta slot micro SD sampai kapasitas 32 GB. Tipo dilepas dengan harga Rp 1,5 jutaan.



8. Samsung Galaxy Mini 2



Galaxy Mini 2 punya bentang layar 3,27 inch HVGA, lebih lebar dari pendahulunya yang 3,14 inch. Resolusi warna juga ditingkatkan menjadi 320x480 pixel. Setidaknya lebih cerah ketimbang Galaxy Mini versi pertama.
Dapur pacu Galaxy Mini 2 mengandalkan prosesor 800 MHz dan RAM 512MB. Spesifikasi lainnya meliputi kamera 3 megapixel, memori internal 4GB, HSDPA 7,2MBps, Wi Fi, GPS, Bluetooth, NFC (optional) dan baterai 1.300 mAh.
Galaxy Mini 2 yang memakai OS Android Gingerbread ini dibanderol di kisaran Rp 1,6 juta.



9. ZTE Skate



Dengan mengandalkan layar lebar dan harga lumayan terjangkau, ZTE Skate cukup memikat. ZTE Skate dijual di Indonesia dengan harga awal Rp 1,9 juta.
Spesifikasi lainnya seperti prosesor 800 MHz, RAM 512 MB kamera 5 megapixel autofokus dengan LED Flash, slot microSD, A GPS,dan baterai 1.400 mAh.
Konektivitasnya lengkap termasuk HSDPA, HSUPA dan Wi Fi. Sedangkan sistem operasinya masih Android Gingerbread.



10. BlackBerry 9220



Curve 9220 memang lebih baik spesifikasinya dari Gemini, namun tetap menduduki kasta rendah dalam deretan handset baru BlackBerry. Menilik dari tampilan luarnya, handset ini terbuat dari plastik, sama seperti Gemini
Layarnya berukuran 2,4 inch dengan resolusi 320x240. Curve 9220 juga memiliki optical trackpad, kamera 2 megapixel, RAM 512MB serta Wi Fi. 
Dengan harga Rp 2 juta ponsel ini dipasarkan khususnya menyasar segmen anak muda.  Anak muda sengaja dipilih jadi target market RIM mengingat pasarnya yang besar dan tingginya aktivitas mereka di BlackBerry Messenger 



11. Sony Xperia Miro



Xperia Miro hadir dalam desain khas Sony. Ia datang dengan berbagai fitur musik seperti teknologi audio Xloud yang diklaim membuat suara musik lebih nyaring.
Juga ada fitur khas dari Sony, TrackID untuk mengidentifikasi lagu. Kemudian, aplikasi Facebook di dalamnya terintegrasi dengan pemutar musik Xperia Miro.
Spesifikasinya khas handset kelas menengah. Seperti prosesor 800 Mhz, kamera 5 megapixel, kamera depan, baterai 1500 mAh, memori internal 4GB, slot microSD, DLNA, dan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich. Miro bisa didapat dengan banderol Rp 2 juta.



12. Nokia Lumia 510



Lumia 510 adalah salah satu ponsel Windows Phone terbaru Nokia. Handset ini adalah Windows Phone termurah buatan vendor asal Finlandia tersebut.
Ya, dengan harga di kisaran USD 200 atau sekitar Rp 1,9 juta, Lumia 510 berstatus paling murah di antara keluarga Lumia. Handset ini sudah dipasarkan di beberapa wilayah, misalnya India.
Handset ini menyandang layar 4 inch resolusi 800 x 480 pixel. Sedangkan dapur pacunya didayai oleh prosesor 800 MHz. Spesifikasi kunci lain meliputi kamera 5 megapixel, RAM 256MB, dan memori internal 4GB. Lumia 510 masih memakai sistem operasi Windows Phone 7.5.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar