Rabu, 26 Desember 2012

Review AR Defender 2 (iOS/Android)


AR Defender 2 | Icon
Graphic: 3/5
Gameplay: 3/5
Value: 4/5
Plus: Terdapat sistem hero yang bisa dikendalikan | Dapat dimainkan secara local multiplayer | Mempunyai fitur AR yang cukup fun
Minus: Sistem penggunaan hero sangat tidak praktis | Berorientasi IAP


Kali ini kita kedatangan Tower Defense gratis yang unik dari BulkyPix, saya katakan unik karena game ini hanya mengizinkan kamu membangun 4 tower saja dan selain itu game ini juga mempunyai fitur Augmented Reality yang dapat kamu gunakan untuk bermain secara Co-Op dengan teman kamu.
Sebelum masuk kedalam fitur Augmented Realitynya mari kita lihat dulu core gameplay dari AR Defender 2. Di game ini kamu bertugas untuk melindungi sebuah reaktor besar yang berada di tengah map, jika biasanya sebuah Tower Defense mempunyai jalur tertentu maka disini musuh bisa datang dari mana saja secara random, tapi kamu bisa melihat sebuah tanda dimana mereka landing.
AR Defender 2 | Screenshot 1
Kamu hanya dapat membangun maksimal 4 tower yang biasanya akan diletakkan mengelilingi reaktor besar untuk menutupi semua sisinya. Nah uniknya adalah kamu dapat menumpuk tower dengan tower lain dengan jumlah maksimal  3 tower sehingga secara total kamu dapat membangun 12 tower. Sebagai contoh kamu dapat membangun tower gun lalu menumpuk tower flame diatasnya lalu menumpuk tower shield diatasnya. Jika sudah mencapai 12 tower maka selanjutnya kamu dapat ugprade masing-masing tower tersebut untuk mencapai damage maksimum.
Gameplaynya menjadi sedikit berbeda karena kamu mempunyai 9 jenis tower berbeda tapi mempunyai spot yang sangat terbatas sehingga harus pintar-pintar memilih sesuai keadaan. Musuh-musuh disini akan menyerang tower kamu jadi sebaiknya setiap tower memiliki sebuah shield untuk melindungi dari serangan. Tower-tower tingkat lanjut membutuhkan gem untuk di unlock dan gem ini kamu bisa dapatkan dari pertarungan, tapi sayangnya jumlahnya sangat sedikit.
AR Defender 2 | Screenshot 2
Biasanya di 3/4 atau bahkan 1/2 game kamu sudah mentok upgrade semua tower dan sudah mulai tidak ada kerjaan karena spot membangunnya pun terbatas nah AR Defender 2 mempunyai fitur hero yang cukup unik. Kamu bisa memanggil hero yang sudah kamu unlock (dengan gem) untuk datang membantu, kamu bisa mengendalikannya secara manual (kontrolnya mirip hack and slash) atau membiarkan AI mengendalikannya. Sayangnya hero ini hanya akan membantu kamu selama 8 detik saja dengan harga 50 coin, tapi anehnya coin kamu tidak akan terpotong dan kamu dapat memanggilnya tanpa batas (kemungkinan bug).
Setelah menyelesaikan sebuah level kamu akan menerima experience dan juga gold dan gem sesuai dengan performa kamu. Level ini dibutuhkan untuk membuka stage-stage selanjutnya dan juga tower-tower tingkat lanjut. FYI membeli satu hero bisa menghabiskan sekitar 300-400 gem dan setiap stage rata2 akan memberi kamu 1-3 gem saja. Tapi jangan khawatir dulu karena kamu bisa mendownload game-game promo yang akan memberikan kamu gem dalam jumlah yang banyak 40-150 per game. Sesudah download gamenya kamu bisa hapus so tidak ada masalah sama sekali.
AR Defender 2 | Screenshot 3
Untuk mengaktifkan fitur AR kamu terlebih dahulu harus menyediakan sepotong kertas dengan 6 titik besar yang bisa kamu download disini. Nantinya kertas ini akan menjadi letak dari reaktor utama. Fitur ini sebenarnya hanya keren-kerenan saja karena tidak terlalu berdampak terhadap gameplay tapi yah cukup fun untuk dimainkan bersama teman. AR Defender 2 mempunyai mode multiplayer lewat Wi-Fi, tapi gameplaynya tetap sama artinya jika ada 4 pemain maka 1 orang hanya dapat membangun 1 tower dengan maksimal tiga tumpuk. Tapi serunya adalah ketika masing-masing menggunakan hero pilihannya.
AR Defender 2 tersedia secara gratis dengan iklan yang tidak terlalu mengganggu. Overall AR Defender 2 adalah game Tower Defense casual yang cukup fun apa lagi bisa dimainkan bareng teman. Walaupun sedikit IAP oriented tapi untungnya kita bisa mendownload promo game untuk mendapatkan gem yang jumlahnya cukup lumayan.

App Store Link: AR Defender 2, Free



Sumber: GameSaku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar