Industri game memang belum memperlihatkan gairah yang menggebu-gebu di awal tahun 2013 ini.
Sebagian besar developer dan publisher masih menahan diri untuk merilis
game-game andalan mereka di bulan pertama di tahun yang baru ini, tentu
saja untuk menunggu gamer menyelesaikan terlebih dahulu game yang
mereka dapatkan di libur panjang akhir tahun yang lalu. Melewati tahun 2012 yang manis,
tahun 2013 memang menawarkan segudang potensi yang tidak kalah menarik
untuk diikuti. Tidak hanya konfirmasi kemunculan beberapa nama besar,
industri game tentu saja masih menyimpan segudang kejutan yang memang
pantas untuk diantisipasi. Namun dari beberapa informasi dan tren yang
berkembang di tahun 2012, ada beberapa hal menarik yang dapat
diprediksikan di tahun 2013. Sebuah tren yang mulai terlihat jelas,
tidak hanya dari jajaran game yang akan hadir, namun beragam rumor yang
sudah lama berkembang.
Setelah sempat membahas berbagai game yang pantas untuk diantisipasi
tahun ini, tren-tren apa saja yang akan menghiasi industri ini selama
362 hari ke depan? Inilah beberapa tren dan prediksi yang menurut kami
pribadi, akan menjadi pondasi hidupnya industri game selama tahun 2013
ini.
1. Popularitas Busur dan Panah
Salah satu tren yang dapat terlihat dengan jelas sejak akhir tahun 2012
hingga mungkin, sepanjang tahun 2013 mendatang adalah munculnya panah
dan busur sebagai senjata “eksotis” yang tidak boleh terlewatkan. Busur
dan panah diposisikan sebagai senjata efektif yang mampu membunuh
sebagian besar musuh dengan satu langkah, sekaligus menjadikan
keheningannya sebagai faktor stealth yang krusial. Far Cry 3 dan
Battlefield: Aftermath sudah menyertakannya dan beberapa game seperti:
Tomb Raider dan Crysis 3 juga akan mengusungnya. Busur dan panah
tampaknya akan menjadi primadona baru industri game di tahun 2013 ini.
2. Bangkitnya Kembali Survival-Horror
Survival-horror boleh terbilang sebagai salah satu genre yang kian
ditinggalkan, bahkan oleh sebagian besar franchise yang berhasil meraih
popularitas darinya. Namun kesuksesan mekanisme gameplay sederhana yang ditawarkan oleh Slenderman
di tahun 2012 silam seolah menjadi indikator yang valid bahwa genre ini
masih memiliki peminat yang tidak sedikit. Tidak lantas terjerumus di
sisi action, gamer hanya akan dibekali dengan kemampuan dan senjata yang
terbatas untuk bertahan hidup, atau bahkan dituntut untuk hanya
berlari, menghindar, dan bersembunyi. Kembalinya survival-horror sebagai
genre populer tampaknya akan kian menguat di tahun 2013 ini.
3. Sistem Freemium
Free to play adalah masa depan industri game,
tidak sedikit publisher yang mengakui konsep ini. Free to play tidak
hanya memberikan kesempatan untuk menciptakan pasar konsumen yang lebih
luas, tetapi juga menutup celah kerugian yang selama ini dipermasalhkan
dari proses pembajakan. Untuk itu, sistem freemium yang menawarkan opsi
pembelian beragam item, equipment, hingga karakter, baik untuk
kepentingan gameplay atau sekedar kosmetik, menjadi format yang dianggap
paling masuk akal. Beberapa game MMO yang dirilis ke pasaran di tahun
2012 silam sudah menerapkan hal ini, dan tidak tertutup kemungkinan
tetap akan menjadi konsep yang tetap dipertahankan hingga tahun 2013
ini. Beberapa game MMO yang sudah lama dipersiapkan akan ditawarkan
dengan sistem freemium. Salah satu yang pantas untuk diantisipasi? Tentu
saja kehadiran game MOBA racikan Valve yang kini semakin diminati –
DOTA 2.
4. Pembicaraan Tentang Konsol Generasi Selanjutnya
Konfirmasi tentang kehadiran konsol generasi terbaru memang masih
menjadi misteri, walaupun terlepas dari beragam rumor hangat yang terus
berkembang mengitarinya. Walaupun demikian, fakta umur Playstation 3 dan
XBOX 360 yang sudah uzur dan kian mendekati akhir hidupnya memang tidak
terbantahkan. Sebagian besar rumor yang sempat berkembang meyakini
bahwa 2013 akan menjadi tahun bagi dua produsen besar – Microsoft dan
Sony untuk memperkenalkan konsol-konsol terbaru ini. Tidak akan mengherankan jika tahun 2013 akan dipenuhi dengan beragam berita dan rumor
yang akan terus menyoroti hadirnya kekuatan baru di industri game ini.
Bagian terbaiknya? Ada kemungkinan besar kita akan menyaksikan secara
langsung kelahiran konsol generasi terbaru ini dan tidak lagi sekedar
rumor belaka.
5. The Rise of Mobile Gaming!
Kemampuan sebagian besar smartphone dan tablet saat ini memang sudah
cukup untuk menghasilkan kualitas mobile video gaming yang pantas untuk
diacungi jempol, bahkan untuk menciptakan visualisasi mendekati konsol
yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya. Dengan peningkatan
kemampuan di tahun 2013 dengan dirilisnya beberapa chipset baru yang
lebih bertenaga tentu saja akan memperkuat popularitas mobile gaming.
Perlahan namun pasti, ia tidak lagi hanya ditujukan untuk para gamer
casual, tetapi juga gamer-gamer yang membutuhkan game-game “serius” yang
menantang. Beragam port game-game ternama masa lalu dari beberapa
publisher akan terus terjadi, bahkan tidak tertutup kemungkinan,
memunculkan beberapa judul eksklusif yang tidak kalah kualitasnya.
Kehadiran konsol rumahan murah bebasiskan Android seperti Ouya juga akan
memperkuat tren ini.
6. Semakin Banyak Adaptasi “Game to Movie”
7. Remote Play
Nintendo Wii U boleh terbilang sebagai penggerak utama dan implementasi remote play yang selama ini didengungkan oleh banyak produsen. Kesempatan untuk menjadikan Wii U Pad tidak hanya untuk mengakses beragam informasi ekstra secara real-time untuk game-game yang sedang dimainkan, tetapi juga menjadikanya sebagai media untuk memainkan game-game Wii U tentu saja menginspirasi para kompetitor. Tidak akan mengherankan jika Sony akan mulai berbenah diri dan menjadikan kemampuan remote play antara PS Vita X Playstation 3 sebagai nilai jual utama di tahun 2013 ini sembari menyambut kehadiran Playstation 4 yang mungkin akan diumumkan pada akhir tahun nanti. Sementara kehadiran Windows 8 dari Microsoft juga menciptakan potensi yang tidak kalah besarnya. XBOX Smart Glass hanyalah awal dari apa yang bisa diimplementasikan di masa depan.
8. Fokus di Plot dan Pendekatan Sinematik
Jika di masa lalu, kemampuan interaktif ditonjolkan menjadi satu-satunya kekuatan industri game, kini perkembangan teknologi memungkinkan para aktor di belakang untuk menjajal hal yang berbeda. Tidak lagi hanya sekedar menjual sisi gameplay, para produsen kini juga mengejar keistimewaan plot yang diusung dan pendekatan sinematik untuk menciptakan pengalaman Hollywood yang lebih kental. Dramatisasi tidak hanya datang dari sekedar tembakan dan ledakan, tetapi juga lewat permainan cerita yang mampu menggugah emosi para pemain. Permainan kamera dan animasi pergerakan karakter yang didesain lebih “hidup” dijadikan sebagai pondasi untuk menciptakan pengalaman gaming yang lebih sempurna ini. Kebuntuan di sisi genre yang mulai minim opsi dan inovasi juga menjadi alasan di balik pilihan ini.
9. Persaingan Engine Next-Gen
Selama beberapa tahun terakhir ini, industri game memang boleh dikatakan, berhasil menciptakan game-game dengan visualisasi luar biasa yang pantas untuk diacungi jempol. Sebuah tren yang justru akan semakin gencar dengan semakin mendekatnya akhir usia konsol generasi saat ini. Beberapa developer engine memang sudah mengkonfirmasikan engine generasi terbaru mereka – Konami dengan Fox Engine, Square Enix dengan Luminous Engine, dan Epic dengan Unreal 4. Sementara developer seperti DICE mengumbar performa engine Frostbite 2.0 nya yang diakui belum dimanfaatkan secara maksimal. Dalam beberapa bulan ke depan, apalagi jika konsol generasi terbaru benar-benar dirilis, maka kita akan melihat pertarungan dan persaingan panas untuk menentukan engine next-gen apa yang pantas untuk diperhatikan. Tidak hanya engine-engine yang sudah diumumkan, tetapi juga para developer yang saat ini masih “merahasiakan”nya.
10. More Love for the Indies!
Walaupun banyak game-game berkualitas tinggi yang akan meluncur dari para developer dan produsen raksasa tahun ini, namun 2013 tampaknya masih akan menjadi tahun yang manis bagi para developer indie. Dengan kesuksesan beberapa proyek Kickstarter tahun lalu dan support dari komunitas yang terus menjadikan indie sebagai alternatif pilihan yang tidak dapat disangkal, tahun 2013 tampaknya masih akan menawarkan game-game indie yang tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Indie justru menjadi katalis terbaik untuk menciptakan ragam game dan genre yang akan membuat gaming di tahun 2013 kian menarik. Jadi alih-alih sekedar menantikan kehadiran game-game raksasa dari para publisher yang sudah terkenal, ada baiknya jika kita mulai memerhatikan game-game indie apa saja yang akan hadir di tahun 2013 ini. Something that we won’t regret..
Di atas adalah 10 tren yang kami prediksikan akan mewarnai industri game sepanjang tahun 2013 ini. Sebagai prediksi yang didasarkan pada observasi terhadap beragam fenomena yang baru dimulai ataupun sudah menghangat sejak tahun 2012 kemarin, semua tren di atas bisa saja terealisasi menjadi kenyataan atau justru bergerak menjauh dari kondisi nyata di lapangan selama beberapa bulan ke depan. Bagaimana menurut Anda sendiri? Prediksi apa yang menurut Anda akan terjadi di industri game untuk tahun 2013 ini? Jangan ragu untuk berbagi dan meninggalkan pendapat Anda di bagian bawah komen ini. What is your prediction?
Sumber: jagatplay
Tidak ada komentar:
Posting Komentar