Selasa, 12 Februari 2013

Lenovo IdeaPad Yoga


Persaingan di segmen notebook hibrid yang semakin ketat membuat sejumlah produsen PC menghadirkan beberapa varian sekaligus guna mengisi segmen tersebut. Tentunya ini untuk mengakomodir kebutuhan konsumen yang beragam.
Seperti yang dilakukan oleh Lenovo, produsen notebook asal China ini menghadirkan produk notebook yang diberi nama IdeaPad Yoga 11.
Pemilihan nama Yoga oleh Lenovo tentunya bukannya tanpa alasan. Sebab seperti halnya orang yang sedang melakukan gerakan yoga, perangkat ini mampu ditekuk bak gerakan kayang guna bertransformasi menjadi komputer tablet.
Selain bertransformasi menjadi komputer tablet, sejatinya IdeaPad Yoga yang memiliki ukuran layar 11 inch ini menawarkan empat mode penggunaan yang dapat menyesuaikan kebutuhan penggunanya. 
Penasaran apa saja kelebihan yang ditawarkan notebook hibrid 'kayang' besutan Lenovo ini. Simak review detikINET berikut ini.



1. Beraksi dengan 4 Gaya



Fitur yang diandalkan oleh notebook unik Lenovo ini adalah kemampuan pada bagian layarnya yang mampu menawarkan 4 mode penggunaan. Tidak hanya sebagai notebook, IdeaPad Yoga 11 juga dapat tampil sebagai komputer tablet. Selain itu, ia juga dapat tampil dalam mode stand dan juga mode tent.
Untuk menyesuaikan dengan mode penggunaan yang diinginkan, pengguna dapat dengan mudah membuka layar 11 inch yang diusungnya. Pada posisi layar terbuka normal, IdeaPad Yoga 11 akan tampil sebagai notebook biasa. Saat layar kembali didorong ke belakang, Yoga 11 bakal tampil dengan mode stand maupun tent.
Sedangkan saat layarnya didorong hingga 360 derajat ke belakang, Yoga 11 telah berubah fungsi menjadi sebuah komputer tablet.
Tampilan Windows 8 yang diusungnya pun akan secara otomatis menyesuaikan dengan posisi layarnya kala Yoga 11 berada pada mode notebook, tablet, stand ataupun tent.



2. Ringan ala Tablet



Sudah tentu, sebuah notebook hibrid wajib hadir dengan bodi seksi. Demikian juga IdeaPad Yoga 11, selain tampil dengan bentuk menarik, notebook ini juga berbobot ringan.
Dengan berat hanya 1,2 kg, Yoga 11 memang sangat sesuai kala digunakan sebagai tablet. Tentunya dengan bobotnya yang ringan tersebut Yoga 11 sangat nyaman digunakan, terutama saat harus dibawa ke mana-mana guna menemani rutinitas pengguna.



3. Spesifikasi Mumpuni



Guna memberikan kinerja terbaik bagi user, IdeaPad Yoga 11 hadir dengan spesifikasi mumpuni di segmen komputer tablet. 
Dipersenjatai oleh prosesor Nvidia Tegra 3 quad core dengan kecepatan clock 1,3 GHz yang didukung oleh penggunaan RAM berkapasitas 2 GB diyakini sukses memberikan kinerja tinggi kala digeber.
Sedangkan untuk sektor penyimpanan, Lenovo menanamkan internal memori dengan kapasitas sebesar 64 GB. Konektivitas HDMI dan port USB tidak luput disematkan pada Yoga 11. Selain itu, baterai yang diusungnya diklaim mampu bertahan hingga 13 jam.
Uniknya, Lenovo menyematkan tombol auto rotate yang dapat digunakan pengguna untuk secara langsung mematikan fungsi 'langsung memutar' pada tampilan layarnya. Dengan begitu pengguna tak perlu direpotkan dengan tampilan layar yang tiba-tiba berotasi bila Yoga 11 secara tak sengaja berubah posisi.



4. Dibekali Windows 8 RT



Demi menghasilkan kinerja yang optimal, IdeaPad Yoga 11 yang dipersenjatai dengan Nvidia Tegra 3 tersebut oleh Lenovo dipasangkan dengan sistem operasi  Windows 8 RT.
Benar saja, saat detikINET menggunakannya, Windows 8 RT dapat dioperasikan dengan mulus tanpa gejala lag. Saat membuka sejumlah aplikasi pun hanya butuh sepersekian detik saja sebelum akhirnya aplikasi yang dibutuhkan terbuka.
Selain itu, secara default IdeaPad Yoga 11 juga telah diisi oleh Microsoft Office 2013 Preview. Dengan begitu, selama tidak membutuhkan fungsi yang spesifik, penggunanya tidak perlu repot lagi membeli aplikasi office.



5. Kesimpulan



Kelebihannya yang mampu bertransformasi hingga 4 mode bentuk, membuat notebook hibrid seharga Rp 7 jutaan garapan Lenovo ini mampu menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan pengguna.
Selain itu, model yang seksi dipadu dengan bobot ringan membuat IdeaPad Yoga 11 sangat nyaman saat digunakan terutama pada mode tablet. Tentunya dengan bobotnya yang ringan, Yoga 11 enteng saat dibawa untuk aktivitas mobile.
Kombinasi penggunaan prosesor Nvidia Tegra 3 dengan Windows 8 RT yang diusungnya pun sukses menghadirkan kinerja tinggi dan pengoperasian yang lancar.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar